Hujan Deras Tak Surutkan Semangat Mengaji

0 242

pengajian

INFOWONOGIRI.COM-BATUWARNO-Semangat dan keikhlasan umat Islam Batuwarno layak diacungi jempol. Pasalnya, walau diguyur hujan lebat, ribuan warga muslim se Kecamatan Batuwarno tetap tidak beranjak dari pengajian akbar rutin setiap Sabtu kliwon (12/12) di masjid Agung AL Falah Kecamatan Batuwarno.

Pengajian rutin keliling dari masjid ke masjid se Kecamatan Batuwarno ini sudah berlangasung 10 tahun. “Tahun ini memasuki usia ke-11thn” ujar penceramah H. Abdullah Robbani.

Pengajian melibatkan semua komponen umat Islam se Kecamatan Batuwarno. Digawangi oleh Badan Kerjasama Antar Masjid (BKAM). Pada tahun 2016 nanti bermetamorfosis menjadi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Batuwarno.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Batuwarno Drs Teguh Waluyatmo MM, unsur Muspika dan tokoh masyarakat. Sedangkan bertindak sebagai Muballigh adalah Ust. H. Abdullah Rabbani, SE yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kab. Wonogiri.

H. Muhamad Dairobi, selaku sesepuh dan “motor penggerak” kajian akbar rutin ini mengatakan, bahwa kegiatan ini diadakan selain untuk menambah ilmu agama bagi umat Islam khususnya di Batuwarno, juga bertujuan untuk mengokohkan tali ukhuwwah Islamiyyah.

“Semua unsur umat Islam kami libatkan dalam kegiatan ini. Lokasinya pun bergiliran. Semua masjid se-Kecamatan Batuwarno akan dapat giliran,” janjinya.
Dalam kegiatan ini, setiap muballigh dilarang membahas masalah khilafiyah (perbedaan pendapat). Agar umat bisa rukun dan tidak saling menyalahkan.

Sementara itu, Abdullah Rabbani dalam ceramahnya yang disisipi humor segar menjelaskan tema tentang ; “serba tiga”. Yakni tiga perkara yg menghancurkan manusia, tiga perkara yang mendatangkan ampunan, tiga perkara yang meninggikan derajat dan tiga perkara yang bisa menebus dosa.

Kajian yang diambilkan dari Kitab Jami’ush Shahih ini, diikuti dengan seksama oleh ribuan jama’ah hingga menjelang shalat ashar. (N420)

error: Content is protected !!