Bakti Alam oleh Karang Taruna Desa Tanggulangin

0 183
Ibu Marsih, Kepala Desa Tanggulangin ketika memberi sambutan sebelum dimulai kegiatan penanaman pohon.
Ibu Marsih, Kepala Desa Tanggulangin ketika memberi sambutan sebelum dimulai kegiatan penanaman pohon.

INFOWONOGIRI.COM-JATISRONO-Bertempat di Desa Tanggulangin Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri, Minggu (27/12) Paguyuban JINAWI Desa Tanggulangin bersama Karang Taruna Tanggulangin menggelar kegiatan penghijauan di lingkungan desa setempat.

Kegiatan yang melibatkan semua unsur dari berbagai organisasi kepemudaan di Desa Tanggulangin tersebut dilaksanakan sebagai upaya responsif dan proaktif generasi muda terhadap usaha melestarikan lingkungan.

Upaya penghijauan yang dilakukan di beberapa titik di wilayah Desa Tanggulangin ini menjadi lebih menarik karena dipadukan dengan pertunjukan seni trethek bambu dan geguritan.

Menurut penggagas kegiatan yang juga Ketua Karang Taruna Desa Tanggulangin sekaligus Ketua Paguyuban JINAWI, Lardianto Budhi,S.Sn menyebutkan, tujuan dari pelaksanaan even ini selain untuk konservasi alam adalah untuk membangun kesadaran masyarakat generasi muda agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. “Hendaknya, kegiatan seperti ini tidak hanya seremonial belaka tapi benar-benar menumbuhkan kesadaran dalam menjaga keseimbangan dan keselarasan alam”, bebernya.

Selain itu dengan penanaman pohon di lingkungan desa tersebut diharapkan akan berdampak ganda yakni secara ekologis akan berdampak pada kestabilan struktur tanah dan keterjagaan siklus air dan yang kedua dari sisi estetis yakni agar di masa mendatang lingkungan desa akan tampak lebih indah dan asri.

Marsih ikut mendukung dan memberikan tanggapan positif. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena selain berdampak positif dalam upaya konservasi lahan juga karena dalam kegiatan ini dilibatkan pula anak-anak. Sehingga dengan begitu kesadaran dan perhatian terhadap masalah-masalah lingkungan akan mulai tumbuh sejak dini”, demikian ujar Kepala Desa perempuan ini. Sekitar 600 bibit tanaman Jabon yang diusahakan secara mandiri oleh Paguyuban Jinawi ditanam di sepanjang jalan penghubung 3 dusun di Desa Tanggulangin.

Acara dimulai dengan kenduri sebagai bentuk sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur sekaligus pengharapan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar aksi menanam pohon ini akan memberi manfaat pada masyarakat mendatang dan dijauhkan dari bencana alam. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 WIB tersebut berakhir pada pukul 14.00WIB. (rill-prass)

error: Content is protected !!