158 Mesin Pertanian Dibagikan Untuk Gapoktan

0 155
penyerahan alsintan ke perwakilan gapoktan di halaman kantor disepertan Wonogiri Senin (14/12).
penyerahan alsintan ke perwakilan gapoktan di halaman kantor disepertan Wonogiri Senin (14/12).

INFOWONOGIRI.COM-KOTA- Ada 158 berbagai jenis Alat Mesin Pertanian (Alsintan) diserahkan oleh Pj Bupati Wonogiri Sarwa Pramana kepada perwakilan Gapoktan se Kabupaten Wonogiri, Senin (14/12) di aula Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Wonogiri.

Alsintan itu terdiri dari hand traktor 86 unit,pompa air 36 unit, mini combine harvester (alat pemanen padi) 16 unit, power threser (mesin perontok padi multiguna) 14 unit dan corn sheller (alat pemipil jagung) sebanyak 6 unit.

Bantuan dari APBD Provinsi Jateng itu diserahkan secara simbolis oleh PJ Bupati Sarwa Pramana kepada perwakilan Kelompok Tani Ngudi Makmur Desa Kebonagung Sidoharjo dan Kelompok Tani Sumber Rejeki desa Purworejo Wonogiri.

Pada kesempatan itu, sekaligus Pj Bupati membuka Rapat Koordinasi Kegiatan Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada Padi Jagung Kedelai (Pajale) Kabupaten Wonogiri TA 2015 yang diselenggarakan Dispertan Pangan dan Hortikultura (PTPH).

Acara diikuti oleh 120 peserta, terdiri dari Komandan Kodim, Danramil se Kabupaten, Kepala SKPD terkait,Para Koordinator Penyuluh Kecamatan dan Gapoktan. Penyerahan bantuan Alsistan ini merupakan salah satu dari upaya khusus swasembada Pajale yang dicanangkan pemerintah pusat untuk dicapai dalam kurun waktu 3 tahun.

Dalam laporan Kepala dinas PTPH Ir. Safuan, tahun ini Alsintan diberikan kepada semua kelompok tani di 25 kecamatan. Pemerintah menekankan pemberian Alsistan menyaratkan lokasi lahan yang memenuhi operasional Alsistan. Dan, Gapoktan penerima harus komit mendukung UPSUS peningkatan produksi Pajale dalam mencapai swasembada.

Sementar itu PJ Bupati dalam acara tersebut menghimbau kelompok tani untuk memanfaatkan bantuan secara maksimal dan bertanggungjawab. “Ini aset negara, lakukan perawatan dan pemeliharaan agar alat dapat digunakan sebaik mungkin,” katanya. (baguss)

error: Content is protected !!