STABN Raden Wijaya Berharap Menjadi Institut Wonogiri

0 216
wisudawan STABN Raden Wijaya bersama Civitas Akademika dan Dirjen Binmas Buddha Kementrian Agama RI dan Muspika Kecamatan Wonogiri
wisudawan STABN Raden Wijaya bersama Civitas Akademika dan Dirjen Binmas Buddha Kementrian Agama RI dan Muspika Kecamatan Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri menjadi yang pertama dan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Kabupaten Wonogiri.

Diharapkan ke depan, STABN Raden Wijaya dapat ditingkatkan menjadi institut, seperti lembaga pendidikan lainnya, tidak hanya untuk pendidikan agama Buddha. Sehingga dapat melayani kebutuhan pendidikan masyarakat Wonogiri dan sekitarnya.

Wacana itu dikemukakan oleh Dirjen Binmas Buddha Dasikin, pasca menjadi tamu kehormatan acara Wisuda Sarjana Agama Buddha STABN Raden Wijaya Wongoiri Periode V Tahun akademik 2015/2016, Kamis (26/11) di Giri Mandala Wonogiri.

“Arahnya, kita maunya STABN Raden Wijaya bisa menjadi Institut, tetapi kita harus siapkan sumber daya manusia dan sarana prasarananya, serta jumlah mahasiswanya,” kata Dasikin. Seperti lembaga pendidikan agama lainnya.

Selain itu, Dasikin sangat berharap, civitas akademika meningkatkan tambahan pendidikan dan ketrampilan kepada mahasiswanya dengan muatan lokal (kearifan lokal). Terlebih mahasiswanya telah diasramakan.

“Perbanyak kegiatan yang positif, mahasiswa jangan banyak membuang waktu, jangan hanya mainan HP. Sehingga setelah lulus nanti sudah siap mengabdi dan berkarya di masyarakat,” tambah Dasikin.

Terpisah, Ketua STABN Raden Wijaya Wonogiri Hesti Sadtyadi mempunyai harapan sama. Yaitu ingin STABN Raden Wijaya lebih cepat maju berkembang. Namun pihaknya saat ini masih menyiapkan sarana prasarana dan sumberdaya manusianya.

Untuk pembangunan fisik, misalnya, STABN Raden Wijaya baru memiliki lahan seluas 7000m2. Padahal yang dibutuhkan, setidaknya tanah seluas 5 hektar. Jumlah dosen, staf, dan karyawan harus ditingkatkan kapasitas dan kapabilitasnya.

“Kita butuh dorongan dan kerjasama yang baik dengan seluruh elemen masyarakat dan dukungan dari pemerintah setempat, sehingga lembaga pendidikan di Wonogiri bisa berkembang seperti kabupaten/kota yang lain” kata Hesti. (nano/baguss)

error: Content is protected !!