Menteri Keuangan Serahkan Simbolis 130 Ribu Bibit Sengon

0 69

IMG-20151112-WA0038

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kunjungan Kerja Menteri Keuangan RI Bambang P.S Brojonegoro menyerahkan simbolis bibit sengon laut bantuan dari PT Naga Bhuana Aneka Piranti (NBAP) 4 Wonogiri, Kamis (12/11) di lahan penyemaian bibit Sengon di wilayah Manjung Kecamatan Wonogiri Kota.

Total bantuan bibit sengon tersebut diserahkan kepada tiga orang Ketua Gapoktan yaitu Marjoko Desa Wonoharjo, Priyatno Wonokerto dan Sunarto Manjung. Bibit tersebut akan dibagikan kepada 870 anggota kelompok petani (Wonoharjo) 728 anggota (Wonokerto) dan 650 (Manjung).

Turut menyaksikan Direktur Utama PT NBAP 4 Manjung Wonogiri Gunawan, penjabat Bupati Wonogiri Sarwa Pranawa, Pimpinan Indonesia Exim Bank (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) sebagai lembaga yang bergerak di bidang pembiayaan, penjaminan dan asuransi, dan pejabat Pemda Wonogiri.

Bambang Brodhojonegoro  mengapresiasi kepada PT Nagabhuana Aneka Piranti yang bisa mengandeng Gapoktan untuk  meningkatkan taraf ekonominya. Dengan demikian petani Wonogiri merupakan petani kelas dunia. Karena memiliki produk yang bisa diekspor.

“Ini seperti model intiplasma. Petani sebagai plasma. PT Naga Bhuana sebagai  intinya. Keduanya saling terkait guna mencapai tujuan yang sama,” kata Menkeu. Menkeu berharap dengan 135.000 bibit sengon laut dapat meningkatkan taraf ekonomi masarakat. Tahun depan diharapkan bisa meningkat menjadi 1000.000 batang bibit sengon laut yang dibagikan.

Bambang Brodjonegoro ke Wonogiri ingin memastikan hal yang menjadi prioritas penanganan jajaran Kemenkeu dalam pembangunan perekonomian berjalan sesuai program yang digariskan oleh Menkeu untuk dilaksanakan oleh Indonesia Eximbank.

“Itu terbukti menumbuhkan eksternalisas positif bagi perekonomian masarakat Wonogiri dan sekitarnya, serta memberikan testimony bahwa ekonomi yang melibatkan rakyat banyak merupakan modal yang paling sesuai untuk membangun Indonesia,” katanya.

PT NBAP adalah nasabah Indonesia Eximbank. Fasilitas pembiayaan modal kerja ekspor dan pembiayaan infestasi ekspor untuk empat unit pabrik kurang lebih Rp.198 milyar. Total karyawan 3400 orang di empat pabrik. Khusus untuk barecore berbasis sengon 2800 karyawan. Untuk PT NBAP 4 menyerap 1600 karyawan dengan luas pabrik 6 hektar dan 2100 petani sengon dari 3 Gapoktan.

Jumlah produksi kurang lebih 300 kontainer perbulan. Dengan suplai bahan baku berasal dari masarakat sekitar pabrik yang tergabung dalam Gapoktan. Masing masing Gapoktan terdiri dari 700an anggota. Sedangkan Volume ekspor tahun 2015 kurang lebih 500 milyar atau 99,59% dari total produksi. (N420/baguss)

error: Content is protected !!