Indahnya Bunga Flamboyan

0 201
bunga flamboyan
bunga flamboyan

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Di Jl Diponegoro Wonogiri, tepatnya di sisi timur Lapangan Bantarangin Kecamatan Wonogiri terdapat dua pohon flamboyan yang sedang berbunga.

Bunga tersebut tampak indah baik pada pagi, siang maupun sore hari. Pada waktu pagi saat matahari terbit warna merah yang dominan tampak segar menyala. Demikian juga pada saat siang hari, warna merah akan semakin menyala, sampai sore hari menjelang matahari tenggelam kecerahan warna merah tetap tak meredup.

Pun pada malam hari bunga flamboyan tampak indah jika terkena sinar lampu mobil yang melintasi sekitarnya.

Pantauan IW, bunga flamboyan serupa tidak hanya ada di Bantarangin. Tetapi juga ada puluhan bunga serupa. Antara lain di pertigaan bangjo Pancuran Selogiri, di kanan kiri jalan yang membelah sawah Krisak sampai Gemantar, Nambagan Kecamatan Selogiri.

Pengamatan IW, pohon flamboyan berbunga ketika musim kemarau hampir berakhir, kira-kira sebulan sebelum musim hujan. Bunga tersebut cukup lama bertahan di reranting batang pohon flamboyan.

Menariknya, dedaunan pohon falmboyan sangat sedikit, bahkan nyaris takterlihat. Ketika hujan mulai turun maka perlahan-lahan bunga-bunga flamboyan mulai berguguran diiringi muncul buah, buahnya menyerupai buah petai, diiringi dedaunan bersemi.

Seiring melebatnya daun, buah flamboyan menua dan berjatuhan. Saat itulah, buah tersebut dapat diambil bijinya untuk disemai saat musim penghujan. Pohon flamboyan memiliki karakter kuat dan kokoh pada batang dan akarnya. Pohon flamboyan kini memiliki nilai ekonomis tinggi. Siapa mau mengambil peluang ini. Selamat mencoba. (baguss)

error: Content is protected !!