Apa Saja Kewenangan Bupati Sementara Pengganti Danar Rahmanto

0 71
Guntur Warsito Kabag Tapem Setda Pemda Wonogiri
Guntur Warsito Kabag Tapem Setda Pemda Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kewenangan PJ Bupati (Bupati Sementara) nyaris sama dengan kewenangan Bupati definitif. Namun ada tiga kewenagan yang tidak boleh dilakukan Bupati Sementara. Apa saja?

Berikut penjelasan Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Wonogiri Guntur Warsito, Jumat (6/11) di kantornya.

Bupati Sementara tidak boleh memutasi pejabat, tidak boleh membatalkan perijinan bupati sebelumnya dan tidak boleh membatalkan program pembangunan bupati sebelumnya.

Tetapi, lanjut Guntur, mutasi pejabat boleh dilakukan oleh Bupati Sementara apabila mendapatkan ijin dari Kementrian Dalam Negeri. “Larangan tapi tidak bersifat mutlak, masih ada peluang,” tambah Guntur.

Masa jabatan Bupati Sementara akan berakhir sampai maksimal 1tahun. Bupati Sementara akan terhenti manakala sudah ada Bupati Definitif.

Saat ini, selama masa kekosongan atau masa transisi, Bupati Wonogiri diserahkan kepada Sekda Wonogiri H. Suharno sebagai Pelaksana Tugas (Plt) sejak 2 Nopember lalu. Namun Plt Bupati tidak mempunyai kewenangan apapun.

Untuk menentukan pejabat pengganti Bupati (baik Plt maupun Pj) adalah kewenangan Gubernur Jawa Tengah. Bupati Wonogiri tidak mempunyai kewenangan apapun.

Asal tahu, Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto dan Wakil Bupati Wonogiri Yuli Handoko berakhir jabatanya pada 1 Nopember 2015. Keduanya menjabat sejak 1 Nopember 2010. Keduanya tidak mencalonkan/tidak dicalonkan lagi sebagai Calon Bupati/Wakil Bupati oleh partai politik/masyarakat Wonogiri. Danar Rahmanto gagal maju karena tidak direkomendasi PDI-Perjuangan. PDI-P lebih memilih Ketua DPC Wonogiri Joko Sutopo sebagai Calon Bupati. Yuli Handoko yang melamar melalui Koalisi PAN, PKS, Demokrat, Gerindra, dan PPP juga lebih memilih H. Hamid Noor Yasin dan Wawan Setyo Nugroho dari pada Yuli Handoko. Danar-Yuli dahulu terpilih sebagai Bupati-Wakil Bupati melalui Koalisi Wonogiri Bangkit (KWB) gabungan PAN, PPP, Gerindra dan PKB. (baguss)

error: Content is protected !!