Tempe Keripik Wonogiri Akan Dikirim Ke Laboratorium

0 80
tempe berbahan plastik diujicoba dibakar
tempe berbahan plastik diujicoba dibakar
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinperindagkop dan UMKM) Kabupaten Wonogiri akan menguji barang bukti tempe keripik yang diduga terindikasi mengandung atau tercampur bahan baku plastik.
Pernyataan itu disampaikan oleh Kadinas Guru Santoso melalui Penyuluh Perdagangan Dinperindagkop dan UMKM, Kasidi, Minggu (6/9) di rumahnya Jl S Parman Brumbung Selogiri, Wonogiri. “Di sini tidak ada laboratoriumnya. Maka akan kita uji-lab-kan ke Sukoharjo, alatnya ada di Pabelan,” kata Kasidi.
Kasidi menjelaskan, pihaknya telah turun melakukan pengawasan langsung ke perajin tempe keripik di Wonogiri, khusus di wilayah kecamatan yang tergolong sentra (pusat) perajin tempe keripik di Kab. Wonogiri. Namun Kasidi merahasiakan wilayah yang diukunjunginya. Demi nama baik sentra tempe keripik.
Menurutnya, dari hasil sidak dia dkk, tidak ada belum ditemukan tempe keripik di beberapa sentra industri yang terindikasi mengandung atau terkontaminasi bahan plastik. Dia dkk meyakini sentra perajin tempe keripik Wonogiri tidak ada yang menggunakan bahan baku plastik. Semua asli tempe kedelai.
“Insya Allah di sentra tempe keripik binaan saya tidak ada yang mengandung plastik,” tandasnya. Namun demikian, karena pihaknya belum mempunyai alat bukti, ia belum berani membeberkan. Kelak, jika uji laboratorium sudah dilaksanakan, maka ia akan membeberkan hasilnya.
Karena itu, dia mengaku sangat menyesalkan pihak lain yang membeberkan ke media masa, tentang adanya dugaan tempe keripik mengandung/terkontaminasi bahan baku plastik. “Kami menyayangkan, di saat sentra tempe keripik mulai berkembang, di sisi lain ada isu tempe keripik plastik,” akunya. (baguss)
error: Content is protected !!