Tempe Keripik Berbahan Plastik Itu Dibakar Mudah Menyala

0 158
tempe berbahan plastik diujicoba dibakar
tempe berbahan plastik diujicoba dibakar

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Tempe keripik yang ditemukan Sugiyatmi dan Atik diujicoba dibakar dengan korek api. Ternyata tempe keripik itu mudah terbakar dan menyala seperti kayu/triplek/plastik.

“Kalau tempe biasa digoreng tampa bahan baku plastik, dan minyaknya bagus, bukan minyak curah, maka tidak akan menyala seperti ini,” kata Sugiyatmi. Sugiyatmi memprediksi, tempe keripik yang dimakannya mengandung bahan baku plastik.

Bisa jadi, menurutnya, tempe keripik itu digoreng menggunakan minyak goreng curah. Padahal minyak goreng curah dilarang beredar. Kemungkinan kedua, plastik pemungkus minyak goreng curah langsung dimasukkan bukan dituangkan.

“Kemungkinan itu itu disengaja. Tujuannya agar tempe keripik makin kemripik (renyah) dan awet, kemripiknya mampu bertahan seminggu sampai dua minggu meski tidak kedap udara,” kata Staf Humas Bidang Pengadministrasian Umum ini. Jika tempe biasa tampa bahan baku plastik, maka mlempem dalam waktu kurang dari semalam.

Faktanya tempe keripik itu menyala seperti kayu/triplek/plastik. Sisa pembakaran juga mengental seperti arang. Asapnya juga menyengat taksedap. Temuan itu kemudian dilaporkan ke Disperindagkop & UMKM. (baguss)

error: Content is protected !!