Pelamar PLD Mayoritas SMA

0 43
 Sigit Purwanto Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan Bapermas Kabupaten Wonogiri
Sigit Purwanto Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan Bapermas Kabupaten Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Kini Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Kabupaten Wonogiri tengah menunggu proses rekruitmen Pendamping Lokal Desa (PLD). Rekruitmen sedang dilakukan oleh Bapermasdes Provinsi Jateng.

Nantinya, petugas PLD akan ditempatkan di Desa-Desa se Kabupaten Wonogiri. namun tidak setiap Pemerintahan Desa mendapatkan satu petugas PLD. Tetapi satu PLD ditugasi untuk mendampingi tiga Pemerintahan Desa di Kecamatan terdekat, tidak bisa lintas Kecamatan.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Bapermas Kabupaten Wonogiri Semedi Budi Wibowo melalui Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan Bapermas, Sigit Purwanto, belum lama ini.

“Di sini, kami Bapermas Kabupaten Wonogiri hanya sebagai perantara Kantor Bapermasdes Provinsi Jateng. Jadi kami hanya melayani para calon petugas PLD di Kabupaten Wonogiri,” lunak Sigit Purwanto.

Sigit meyebutkan jumlah pelamar PLD ada sebanyak 400 orang. Perincian latar belakang pendidikannya berfariasi. Mayoritas adalah Sarjana Penuh (S1) ada 138 orang, D3 (25), D2 (17), SLTA (209), SLTP (11).

Waktu pelaksanaan seleksi dan pengumumannya, Bapermas Kabupaten Wonogiri tidak diberitahu. Karena rekruitmen PLD menjadi kewenangan Bapermasdes Provinsi Jateng. Pengumuman akan disampaikan langsung kepada pelamar.

Selain PLD, juga dibutuhkan Tenaga Ahli (TA) 6 orang di tingkat Kabupaten Wonogiri, di tingkat Kecamatan dibutuhkan 2 orang TA. Pelamar TA untuk tingkat Kecamatan dan Kabupaten pelamar langsung ke Bapermasdes Provinsi Jateng.

Tugas PLD dan TA adalah membuat master plan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pertanggungjawaban penggunaan keuangan di setiap Pemerintahan Desa.

“Intinya mendampingi Pemerintahan Desa, dalam pelaksanaan implementasi UU RI Nomor 6 tentang Desa,” kata Sigit penuh senyuman. Secara singkat disinggung Sigit, PLD mendesak dibentuk karena dana desa dari Pemerintah Pusat segera cair.

Latar belakang lainnya adalah bawha program PNPM telah selesai. PLD merupakan manivestasi program PNPM yang telah berjalan sukses hampir 10 tahun. PNPM sukses dapat dilihat dari tingkat kebocoran yang sangat rendah, transparansi, akuntabilitas dan hasil pemeriksaan BPK minim temuan.

Contohnya, pembangunan desa didanai Rp.100 juta. Faktanya nilai hasil pembangunannya lebih dari Rp.100 juta, dan kwalitasnya sangat bagus. (baguss)

error: Content is protected !!