Sekelumit Sejarah Masjid At Taqwa Wonogiri

0 464
presiden Soeharto sedang meresmikan masjid Taqwa Wonogiri.
presiden Soeharto sedang meresmikan masjid Taqwa Wonogiri.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Sekelumit sejarah masjid At Taqwa, terkenal dengan nama Masjid Taqwa. Dibangun tahun 1927 oleh Mangkunegaran. Selain bangunan masjid, terdapat beduk, mimbar, dan meja yang digunakan untuk akad nikah berbahan kayu dari hutan Donoloyo Slogohimo. Sampai saat ini masih ada.

Kemudian masjid Taqwa menjadi milik pemerintah Kabupaten Wonogiri. Tahun 1992 mendapat bantuan beduk berbahan kayu jati Jepara dari Presiden RI HM. Soeharto. Kemudian beduk asli dihibahkan oleh Bupati Oemarsono ke masjid Cangkring Tirtomoyo.

masjid at taqwa sebelum dipugar
Masjid  taqwa sebelum dipugar

Keluarga Presiden Soeharto pernah membantu sebesar Rp.650 juta, pada tahun 1992. Sejak saat itu, Masjid Taqwa tidak pernah dibangun lagi. Baru dipugar gentengnya menjadi genteng batu apung senilai Rp.150 juta pada tahun 2012.

masjid at taqwa setelah dipugar
Masjid Taqwa setelah dipugar

Tahun 2013 lantai tegel biasa dipugar menjadi lantai granit dengan dana Rp.200 juta. Antara lain dari infak jamaah Rp.190 juta. Untuk membangun tangga sisi selatan dan utara. Termasuk tangga menuju ke trotoar jalan raya yang menelan dana Rp.40 juta. (baguss)

error: Content is protected !!