Lomba Membatik Meriahkan HUT RI ke 70 Di Tirtomoyo

0 96

lomba membatik

INFOWONOGIRI.COM-TIRTOMOYO-Lomba membatik untuk kalangan pelajar SD, SMP dan SMA memeriahkan rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70 Sabtu (8/8) di Pendopo Kecamatan Tirtomoyo.

Lomba dibuka oleh Camat Tirtomoyo Joko Prihartanto. “Selain untuk memperingati HUT RI, lomba ini juga untuk meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air. Karena batik adalah salah satu budaya warisan nenek moyang kita,” tandas Joko Prihartanto.

Selain itu, lanjutnya, lomba batik ini juga untuk mengukur kreativitas dan ketrampilan siswa SD,SMP, SMA dan warga Kecamatan Tirtomoyo. “Kami berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan. Terus ditingkatkan,” harapnya dalam sambutannya.

Kegiatan lomba kali ini terdiri dari lomba membatik untuk siswa SD-SMP dan lomba desain batik untuk pelajar SMA dan umum. Tampak antusias para peserta bersama guru pendampingnya.

Hadir sebagai juri lomba adalah pengrajin batik Tirtomoyo seperti Aris (Kartika batik), Ika (Indriyani batik), dan Sumiyem.

Hasilnya juara pertama membatik SD/MI dimenangkan oleh MI Bedingin Tirtomoyo, juara kedua SDN 1 Hargantoro Tirtomoyo, juara ketiga SDN 3 Sendang Mulyo Tirtomoyo.

Untuk kategori SLTP, juara pertama diraih oleh MTS Al Ma arif I, juara kedua SMPN 1 Tirtomoyo, dan juara ketiga SMPN 2 Tirtomoyo.

Lomba desain batik, juara pertama diraih oleh MA Gani Tirtosari Tirtomoyo, juara kedua Desa BanyakProdo dan juara ketiga Desa Ngarjosari Tirtomoyo. Untuk juara harapan pertama adalah Desa Sukoharjo, kedua Desa Hargosari, dan ketiga oleh SMK Sultan Agung.

Semoga menjadi awal yang baik. Saat ini membatik sudah mulai punah. Mari kita tumbuhkan kembali mulai dari anak-anak. Orang luar negeri sudah beramai-ramai belajar membatik. Jangan sampai batik dibiarkan punah,” kata Aris Kaertika Tirtomoyo.[rjn]

error: Content is protected !!