Mengintip Aktifitas Narapidana Rutan Wonogiri Selama Romadhan

0 79
jamaah tadarus anggota binaan rutan wonogiri
jamaah tadarus anggota binaan rutan wonogiri
INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Rutan Kelas II B Wonogiri saat ini dihuni oleh 241 narapidana (Napi). Terdiri dari 42 tahanan titipan dan 199 Napi. Rinciannya ada 241 berjenis kelamin laki laki dan berjenis kelamin 5 perempuan. Usia di bawah umur ada empat laki laki.
Dilihat dari latar belakang agama, sebanyak 218 beragama islam dan 23 non islam. Terdiri dari Napi kasus narkoba, perjudian, pencurian, dan pencabulan anak. Selama memasuki bulan puasa kegiatan para napi dan tahanan seperti hari hari biasa.
Hanya saja ada tambahan kegiatan keagamaan. Antara lain puasa, taraweh, tahsin (belajar membaca ayat suci al quran dengan baik dan indah), pengajian dan juga penyuluhan hukum, penyuluhan sosial, dan penyuluhan kesehatan.
Selain itu warga binaan Rutan Wonogiri mendapatkan kegiatan perikanan nila, lele, peternakan sapi, kambing, bebek, dan bidang pertanian. Namun karena musim kemarau saat ini penanaman sayuran condong ke pananaman kacang tanah.
Di bidang lain, warga binaan juga banyak yang berlajar kerajinan tangan. Antara lain belajar membuat hiasan miniatur kapal berbahan kertas koran. “Kita sudah ikut mewakili pameran kerajinan di Solo,” kata Roni Asmoro Kasubsi Pelayanan Tahanan.
Bagi yang telah mahir, dalam sehari mampu menghasilkan dua unit miniatur kapal. Hasil karyanya dijual Rp.50.000,-, Pembeli biasanya pembesuk Rutan. (nano/baguss)
error: Content is protected !!