Kian Dekat Lebaran Dua Kali Lipat Tingkatkan Pengamanan

0 76
Kasat Reskrim Polres Wonogiri AKP David Manurung
Kasat Reskrim Polres Wonogiri AKP David Manurung

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Namanya David Manurung. Anggota Porles Wonogiri ini terbilang masih muda. Namun pria kelahiran Medan tahun 1983 ini telah dipercaya menduduki jabatan strategis. Yaitu sebagai Kepala Kesatuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Wonogiri.

Jabatan itu memang belum begitu lama diebannya, baru berjalan kurang lebih tujuh bulan. Tugas sebagai pemegang komando di bidang tindak kejahatan umum ini, tidaklah mudah. Terlebih tidak lama lagi kaum muslim akan merayakan hari raya idul fitri.

Demikian juga warga Wonogiri pada umumnya. Di mana, menjelang lebaran nanti, kaum pengembara dari berbagai kota-kota besar di Indonesia mudik berlebaran di kampung. Wonogiri menjadi salah satu kota tujuan akhir bagi perantau.

Tentu situasi dan kondisi keamanan dan kenyamanan berlebaran menjadi prioritas pihak kepolisian, baik Satreskrim maupun fungsi satuan yang lain. Diprediksi tingkat keramaian wilayah hukum tiga kali lipat lebih ramai dibandingkan pada keramaian hari hari biasanya.

Karena itu, dalam rangka mengantisipasi keamanan umum, Satreskrim Polres Wonogiri meningkatkan jumlah personil yang diterjunkan tim di lapangan. Tim yang bersifat terbuka maupun tim yang bersifat tertutup. Tim tersebut terdiri dari gabungan Polres dan Polsek Jajaran.

“Kita sudah bentuk Kring Reserse. Intensitasnya di jam-jam rawan. Antara lain pada jam kerja antara pukul 12.00 Wib s/d jam 15.00 WIB, dan pada hari Jumat, pas shalat Jumat,” kata David Manurung. Dijelaskan, Kring Resrse dibentuk di setiap Kecamatan.

Kring resrse terdiri dari anggota Polsek dan Polres berjumlah masing masing enam personil. Tim ini bergerak terus dari satu titik kerawanan ke titik rawan lain (mobil). Tim ini bergerak setiap hari dengan sasaran berpindah pindah.

“Sejak awal puasa dua kali ditingkatkan. Kantor perbank-kan, pasar tradisional/pasar swalayan dan toko emas selalu menjadi pantauan kami,” tambahnya. Jika pada hari hari biasanya, hanya dipantau pada hari tertentu, menjelang lebaran setiap hari dipantau terus. (baguss)

error: Content is protected !!