Wartawan Itu Memberi Amplop Guru Wonogiri

0 88

Dwi S ketika melafalkan teks pembukaan UUD 45 di hadapan ribuan guru dan 4 Anggota DPR RI
Dwi S ketika melafalkan teks pembukaan UUD 45 di hadapan ribuan guru dan 4 Anggota DPR RI

INFOWONOGIRI.COM – NASIONAL-Jam di dinding di gedung Pimpinan Daerah (PD) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Wonogiri telah menunjukan pukul 12.45 WIB pada Sabtu (30/5) kemarin.

Di gedung mepet sawah (mewah) itu, mulai pukul 08.00 diselenggarakan Sosialisasi empat Pilar Kebangsaan. Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Pesertanya 500 perwakilan pengurus PGRI dari 25 Kecamatan se Wonogiri.

Sesuai jadwal acara ditutup pukul 12.00 WIB. Meski telah melewati 45 menit. Para pembicara secara bergantian terus asik menyampaikan topik yang dipertanyakan perserta. Acara itu dipandu Mulyanto pengurus PD PGRI Wonogiri.

Ke lima anggota MPR RI itu Sirmadji (PDI-P), Irma Nuralita (PPP), Bowo Sidik (DPD), Listiawati Ayus dan Elnino Muhammad Hussein Mohi (Gerindra). Pun audiens tetap aktif mendengarkan ceramah para wakil rakyat.

Bahkan moderator dan narasumber sudah menutup dengan salam. Pembicaraan masih berlanjut. Bahkan acara semakin gayeng. Pembicara dan pendengar sepertinya tidak mau acara mereka terhenti.

Ternyata Anggota utusan Provinsi Gorontalo menggelar sayembara berhadiah. “Siapa hapal teks pembukaan UUD, silahkan ke depan,” kata Elnino. Ada beberapa guru acungkan telunjuknya. “Itu dia ibu yang tercepat tunjukan jarinya,” suruh Elnino.

Seorang ibu berjilbab bergegas ke podium samping narasumber. Adalah Dewi S, seorang guru dan pengurus PGRI Kecamatan Slogohimo. Pada awal melafalkan teks pembukaan UUD 45, dia tampak grogi. Sorak sorai pun bergumuruh.

Pelan tapi pasti, Dewi S mampu mengendalikan diri dan menyelaikan seluruh kalimat pembukaan UUD 45. “Ini sudah bagus! Ada sedikit salah tapi sudah bagus. Saya nilai 90 plus,” kata Elnino. Saat itu juga Elnino menyerahkan hadiah berupa amplop.

Siapakah Elnino?. Elnino adalah wartawan Gorontalo Pos, satu grup dengan Jateng Pos di bawah bendera JPNN sejak tahun 2000, (eks-officio). Kemudian terpilih sebagai anggota DPR RI melalui Partai Gerindra. Sebelumnya anggota DPD RI dari Gorontalo.

Banyak peserta terkagum cara Elnino memaparkan visi misi tentang kenegaraan. Pujian datang dari Wastutik guru SD Giritontro, dan dari panitia Pamuji dan M Yunus. “Lumayan darik, enak, dan mudah dipahami,” begitu komennya. (baguss).

error: Content is protected !!