Warga Jarum Tolak Perpanjangan Ijin Tower BTS Telepon Seluler

0 223
Demo Warga Jarum Tolak Perpanjangan Ijin Tower BTS Telepon Seluler | Foto Eko Tito
Demo Warga Jarum Tolak Perpanjangan Ijin Tower BTS Telepon Seluler | Foto Eko Tito

INFOWONOGIRI.COM-SIDOJARJO-Puluhan warga Jarum RT 03 RW 01 Kelurahan/Kecamatan Sidoharjo menggelar aksi unjukrasa memprotes keberadaan tower BTS operator seluler, Jumat (26/6) di lokasi keberadaan tower wilayah setempat.

Sejumlah warga membentangkan poster berisi penolakan izin perpanjangan menara operator seluler setinggi 72 meter tersebut. “Ijin sudah habis 3 Februari 2015 lalu. Sekarang ajukan perpanjangan ijin ke Pemkab tetapi kami menolaknya,” ujar Sri Jumiati.

Menurutnya, pihak operator seluler pernah mennyosialisasikan ke warga setempat. Pihak operator menghendaki warga menyetujui perpanjangan ijin tower selama 10 tahun kedepan. Namun warga sepakat menolaknya.

Alasannya mereka merasa tidak nyaman dan terancam keselamatan jiwanya. Jika musim hujan tiba, sering muncul suara mendengung dari menara. Sering ada petir dan percikan api. Mereka takut towernya roboh karena besinya tampak tidak kuat.

Mereka mengaku takut tersambar halilintar. Sinyal menara juga pernah merusak sejumlah alat elektronik seperti televisi dan radio milik warga. “Kami ingin hidup tenang, Pemkab harus bersikap tegas memongkar tower segera karena izinya sudah habis,” jelasnya.

Demo Warga Jarum Tolak Perpanjangan Ijin Tower BTS Telepon Seluler | Foto Eko Tito
Demo Warga Jarum Tolak Perpanjangan Ijin Tower BTS Telepon Seluler | Foto Eko Tito

Warga lain, Agus mengatakan bahwa selama 10 tahun pihak operator seluler hanya memberikan kompensasi senilai Rp100.000 setiap kepala keluarga (kk). Menurutnya nilai itu  tidak sebanding dengan resiko yang harus diterima warga. “Kami menolak meski ditawari kompensasi berapapun,” katanya.

Warga pernah mengirimkan surat penolakan ke kelurahan dan kecamatan pada 28 April 2015 lalu. Tapi belum direspon. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri Ismiyanto mengatakan telah menerjunkan tim.

“Kami telah terjunkan tim untuk mengecek lokasi pendirian tower. Pengecekan itu dilakukan bersama dengan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan (BPMPP), dan Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP),” katanya.

Ismiyanto berjanji bahwa pihaknya akan mencarikan solusi yang terbaik untuk persoalan itu termasuk rencana memindah tower. Tetapi hal itu perlu dikoordinasikan dengan dinas terkait untuk memutuskannya.[Baguss]

error: Content is protected !!