Muspika Selidiki Es Campur Penyebab Keracunan Masal

0 146
kios penjual es campur di slogohimo, Saat ini tutup pasca masalah keracunan
kios penjual es campur di slogohimo, Saat ini tutup pasca masalah keracunan

INFOWONOGIRI.COM-SLOGOHIMO-Pasca keracunan masal  warga Slogohimo, Bulukerto,dan Jatisrono beberapa hari lalu, UPT Puskesmas dan Muspika Slogohimo mengadakan sidak pemeriksaan bahan bahan makanan es campur di pasar Slogohimo.

Muspika diwakili Kasi Trantib Kecamatan Slogohimo, Jarno menjelaskan setelah mendata korban keracunan es campur sebanyak 39 orang. Sebanyak 16 orang menjalani rawat jalan. Sedangkan 23 orang menjalani rawat inap.

Pasien rawat inap dari Desa Soco ada tujuh orang, Desa Sukoboyo enam orang, Desa Setren enam orang, Desa Slogoretno Jatipurno ada dua orang dirawat di RSAS, rawat inap (RI) Dr Jarot Slogohimo, RI Dr Marmadi Jatisrono. “Sudah sembuh semua,” katanya.

Kepala Puskesmas Karno menjelaskan pihaknya berkerjasama dengan Muspika yang diwakili Trantib Kecamatan melakukan kegiatan sidak untuk melakukan pemeriksaan kepada beberapa penjual bahan ES Campur di pasar Slogohimo.

Dari hasil sidak pihaknya mengambil beberapa semple dari empat penjual es dawet dan cendol, buah dan agar agar di pasar. Hasil sempel diperiksa di lab Puskesmas untuk di ketahui apakah mengandung zat yang berbahaya atau tidak bagi manusia.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh pedagang untuk memperhatikan aspek kebersihan dan kelayakan barang daganganya. Diharapkan dengan kegiatan ini akan menekan kejadian keracunan seperti kemarin agar tidak terulang kembali.

Berdasarkan data dari para korban keracunan es campur mengarah kepada pedagang es campur di trotoar terminal atas Slogohimo yang berjajar. Asal tahu, Rabu lalu puluhan orang mengalami keracunan pasca meminum es campur. (nano/bgs)

error: Content is protected !!