Muhammad Kusni Sosok Guru Di Kampung

1 95
Muhammad Kusni
Muhammad Kusni

INFOWONOGIRI.COM-KARANGTENGAH-Muhammad Kusni. Akrab disapa Kusni. Setiap hari bekerja sebagai guru di Sekolah Dasar Negeri (SD) 2 Desa Karangtengah Kecamatan Karangtengah. Dia mendapatkan tambahan tanggungjawab sebagai Kepala Sekolah (Kasek).

Meski menjabat sebagai Kasek, tetap saja seorang guru. Harus mengajarkan anak didiknya, memberikan suri tauladan murid muridnya. Jumlah muridnya relatif tidak banyak. Berkisar 83 anak. Karena memang jumlah peserta didik terus menurun dari tahun ke tahun.

Di usianya yang telah mencapai 50 tahun, Kusni telah mempunyai banyak pengalaman sebagai pengajar. Di antara yang tidak bisa terlupakan adalah sering dipindahtugaskan dari satu sekolah ke sekolah lainnya.

Kusni pernah tugas mengajar di beberapa SD di Kabupaten Karanganyar. Beruntung beberapa tahun belakangan ditugaskan di Kabupaten Wonogiri, tepanya di wilayah Kecamatan Karangtengah.

Pasalnya Kusni aslinya dari wilayah Kecamatan Baturetno, atau berjarak 30 Km dari SDN 2 Karantengah. Beruntung lagi, dia memiliki istri asli Karangtengah, yaitu Heti Sulistyawati, PNS di SMPN 1 Karangtengah. Sehingga ia memilih menetap tinggal di Karangtengah.

Kini praktis tidak terlalu repot berangkat pulang menempuh jalan rusak, naik turun dari Batutreno ke Karangtengah dan sebaliknya. Kusni ditugaskan di SDN 2 Karangtengah sejak tahun 2009 sampai sekarang.

Meski demikian, dia tidak “nyantai”. Selain sebagai guru, dan Kasek, Kusni juga bendahara PGRI Karangtengah dan Bendahara Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S). Kusni tinggal di Dusun Timbangan Desa/Kecamatan Karangtengah.

Kusni-Heti telah dikaruniai dua anak. Anak pertama Syarif Hidayat kuliah di UTP mengambil fakultas pendidikan Olahraga. Anak kedua putri Inayah Huzaimah. (baguss)

error: Content is protected !!