MTA, Pedonor Darah Terbanyak

0 37
Dr martini ketua PMI wonogiri
Dr martini ketua PMI wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-PMI Kabupaten Wonogiri dalam melayani kebutuhan darah di setiap harinya tercukupi. Kecukupan PMI dalam menyediakan darah di karenakan tingkat kesadaran masarakat Wonogiri dalam menyumbangkan darahnya sangatlah tinggi. Hal ini dapat dilihat dengan selalu terpenuhinya kebutuhan darah di PMI kabupaten Wonogiri

Lembaga, Ormas, Instansi, Sekolah, Perkantoran dan juga beberapa paguyuban ikut membantu dan berperan dalam pemenuhan kebutuhan darah di PMI kabupaten Wonogiri. Dari tahun ketahun peningkatan pendonor selalu naik, namun untuk menjaga kesetabilan kecukupan kebutuhan darah pihak PMI telah melakukan kontrolong dengan pembatasan pendonor

Saat ini Stok perhari rata rata 400 sampai 500 kantong darah yang tersesia di PMI . dengan kekuatan 35 hari darah perkantongya. Bila lebih dari 35 hari darah sudah tidak bisa di gunakan.

Rata rata 60  persen pendonor di dapat dari para panggan sekelompok instansi yayasan maupun perkantoran, dengan sistem jemput bola dengan menjadwal beberapa instansi lembaga  yang merupakan pelanggan PMI.  Sedangkan sisanya di dapat dari kegiatan rutin PMI keliling ke tempat tempat keramaian dan datang sendiri ke PMI.

Daru beberapa kelompok pendonor di kabupaten Wonogiri pendonor terbanyak merupakan dari binaan pengajian MTA. Dari tahun 1992 hingga sekarang pertumbukan pendonor semakin meningkat.  Kelompok MTA tersebar di semua kecamatan .  rata rata perkecamatan PMI bisa mendonor kurang lebih  pe 100 pendonor dari warga MTA. Dalam sebulan PMI mendonor dari kecamatan satu ke kecamatan lainya.

Selain di donor di kalangan MTA   warga binaan MTA juga sering mengirimkan anggotanya pada saat lembaga lain mengadakan donor darah.

Hari ini  PMI Wpnogiri memiliki stok darah 526 kantong dengan perincian golongan darah A 60 kantong. B 221 kantong. O 217 kantong. AB 28 kantong dengan di jual sebagai oenganti proses darah ke pasen Rp    360.000,- sedangkan untuk harga  Rumahsakit  Rp 335000,- sedangkan harga  antar  PMI Rp 320000,-.

Dalam setahun PMI kabupaten Wonogiri membuang darah yang tidak terpakai hanya sekitar 30an kabtong.

PMI Wonogiri saat ini memiliki pelangan pendonor meliputi  semua SMA.SMK sekabupaten. Kelompok Pengajian LDII, MTA. Pengajian. Gereja. Kecamatan. Pawonmas. Perkantoran. Pertokoan. Mahasiswa serta ifen tahunan yang di selengarakan dari PMI.

Dalam sehari PMI  jalan 1 tempat.  Sudah di jadwalkann.  PMI Bukan ilmu pasti.   Selama tiga  tahun terakir tidak ada kendala. Target  perbulan 1200 kantong dapat terpenuhi ujar   Direktur PMI Dr Martini  kepada INFOWONOIRI.COM juamat siang 12/6 di kantornya.  (N420)

error: Content is protected !!