Kinerja Satpol PP Tidak Maksimal, Dikukuhkan Malah Tidur

0 50
 Seorang Kader KST tertidur dan seorang lagi menutup mata karena capek dah lelah saat mengikuti acara pengukuhan dan sosialisasi KST
Seorang Kader KST tertidur dan seorang lagi menutup mata karena capek dah lelah saat mengikuti acara pengukuhan dan sosialisasi KST

 

INFOWONOGIRI.COM – KOTA-Kinerja pegawai negeri sipil (PNS) anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tidak sangat maksimal dalam menegakkan ketertiban umum. Pengakuan itu justru disampaikan oleh Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Tengah M. Masrofi, Rabu (17/6) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

“Kinerja Satpol PP dalam menyelenggaraan ketertiban umum sangat tidak maksimal,” begitu kata Kepala Satpol PP Provinsi Jateng Masrofi dalam sambutannya. Masrofi hadir ke Wonogiri dalam rangka mengukuhkan dan menyosialisasikan Kader Siaga Trantib (KST) Kabupaten Wonogiri. Jumlah KST di Wonogiri ada 135 orang.

Dibeberkan, jumlah penduduk Jawa Tengah ada kurang lebih 34 juta jiwa. Sementara Jangakauan wilayahnya sangat luas. Petugas Satpol PP yang tersedia hanya 1.800 personil. Perhitungannya seorang petugas Satpol PP harus menangani 18.500 jiwa. “Untuk itulah dibutuhkan kader siaga,” dalihnya.

Saat ini, menurut versinya, kondisi ketentraman dan ketertiban umum menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga Pemrov Jateng membuat terobosan membentuk Kader siaga Trantib untuk membantu satpol PP menjadi perantara deteksi, cegah, tangkal, lapor dini apabila ada kejadian yang timbul di masyarakat.

Pemprov Jateng masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional dengan satu-satunya Provinsi yang menerapkan program KST untuk Kabupaten/Kota. Wonogiri menjadi Kabupaten ke 20 yang mengikuti program ini. Ada 5 dari 25 kecamatan diikutkan sebagai KST. Yaitu perwakilan Kecamatan Wonogiri, Selogiri, Wuryantoro Ngadirojo dan Nguntoronadi.

Sementara itu Kepala Satpol PP Wonogiri Waluyo tujuan pengukuhan dan sosialisasi KST adalah dalam rangka partisipasi aktif masyarakat secara swakarsa. Diharapkan selain  dapat memudahkan penanganan ketertiban dan ketentraman masyarakat juga dapat menekan angka gangguan ketertiban umum.[baguss]

error: Content is protected !!