SMAN 1 Jatisrono, Sekolah Tegal Prestasi Handal

0 339
SMAN 1 Jatisrono
SMAN 1 Jatisrono

INFOWONOGIRI.COM-JATISRONO-Masyarakat Kecamatan Jatisrono dan sekitarnya patut berbangga, karena memiliki SMAN 1 Jatisrono. Sekolah ini memiliki gedung di Dusun Mojosari RT 03 RW 05 Desa Watangsono Kecamatan Jatisrono.

Bangunan sekolah ini berada di tegalan (pekarangan atau persawahan), di pedalaman kampung. Bukan di perkotaan atau tepi jalan raya. Banyak orang menyebutnya sebagai sekolah tegal. Tidak apa apa. Yang penting prestasinya handal.

Karena itulah, sehingga kemudian orang mengenalnya sebagai “Sekolah Tegal Prestasi Handal”. Kalimat itupula yang kini dijadikan moto atau semboyan, atau tagline. Tidak hanya sekedar moto/semboyan. Kini telah dibuktikannya.

Kepala Sekolah (Kasek) SMA N 1 Jatisrono Dra Endang Sunarsih MPd menjelaskan, sekolahanya sebagai pelaksana piloting kurikulum 2013. Memiliki jumlah pengajar 51 orang. Terdiri dari PNS 37 orang, berkualifikasi akademik S2 (8 orang) S1 (29 orang). Dibantu 18 staf  terdiri dari 5 PNS dan sisanya karyawan.

SMAN 1 Jatisrono tahun pelajaran 2014/2015 memiliki jumlah siswa sebanyak 646 anak. Setiap Rombel terdiri dari 22 anak. Kelas XII IPA 4 Rombel, IPS 3 Rombel. Kelas XI IPA 4 Rombel, IPS 3 Rombel dan kelas X IPA 5 Rombel, IPS 3 Rombel.

“Alhmdulillah tahun ini hasil UN Program IPS Juara 1 tingkat Kabupaten dan IPA Juara 2 tingkat Kabupaten Wonogiri,” ujarnya kepada INFOWONOGIRI melalui selulernya.

Utami Jaya Putri (18th) siswa Kelas XII IPS 1 ( Baju Kuning ) dan  Meta Ikke Lisnawati baju unggu diapit oleh Guru dan Parjo selaku guru BP
Utami Jaya Putri (18th) siswa Kelas XII IPS 1 ( Baju Kuning ) dan Meta Ikke Lisnawati baju unggu diapit oleh Guru dan Parjo selaku guru BP

Salah satu siswa yang menorehkan prestasi di sekolah ini, adalah Utami Jaya Putri (18th) siswa Kelas XII IPS 1. Gadis munggil ini adalah anak ke dua dari dua bersaudara.  Ayahnya Surato (46th) buruh pabrik di Solo dan ibunya Kanti (44th) tinggal di Dusun Muruh RT 02 RW 01 Slogoretno Kecamatan Jatipurno.

Utami memiliki resep selalu belajar dan berdoa serta tak lupa meminta restu orang tua. Utami meraih nilai 86,67. Disusul Ema Dwi Murniyati siswa Kelas XII IPS 3 dengan nilai 86,00. Peringkat tiga Ines Ayu Novita siwa Kelas XII 1 dengan nilai 85,00.

Utami meraih nilai tertinggi, sekaligus sebagai Juara 1 program IPS se Kabupaten Wonogiri. “Inilah yang mengharumkan namanya,” ujarnya. Utami berpesan kepada adik-adik kelasnya agar tetap semangat belajar terus, percaya diri, jangan takut dengan ujian.

Rencana Utami akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Dia mendapatkan undangan jalur program bidik misi. Saat ini dia telah diterima sebagai calon mahasiswa di Universitas Negeri Semarang (UNES) Semarang.

Waka Kurikulum Drs Sutarmin M,Pd menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan anak didiknya menjelang pelaksanaan UN. Anak anak diberi materi khusus Mapel UN di mulai September sampai awal April. Pasca ujian sekolah anak anak masuk seperti biasanya, namun tetap mendapatkan Mapel UN dan secara spikologis anak anak dimotifasi spiritual.

“Hasil ini merupakan target utama. Selama ini kita juara dua selama empat tahun terakir berturut-turut. Baru tahun ini bisa meraihjuara umum. Sedangkan kelas program IPS sebelumnya hanya juara 3 dan 4,” pungkasnya di gedung Gotong Royong Jatisrono saat pelaksanaan pelepasan siswa Kelas XII, Rabu (20/5). (N 420/baguss)

error: Content is protected !!