Kepala Dinas Budparpora Digugat Pengurus KONI

0 82
Makaruf Irianto Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Wonogiri
Makaruf Irianto Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Carut marut di tubuh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Wonogiri kian melebar. Setelah sebelumnya penggunaan Dana Hibah Rp.750 Juta dimulai penyelidikian oleh Kejaksaan Negeri Wonogiri, kini giliran oknum pengurus KONI menggugat Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonogiri.

Dinbudparpora digugat oleh Makruf Irianto Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Kabupaten Wonogiri. Gugatan perdata telah dilayangkan oleh Makruf Irianto ke Pengadilan Negeri Wonogiri pekan lalu. Dinbudparpora dinilai melakukan perbuatan melawan hukum.

Kepala Dinbudparpora, Sentot Sujarwoko selaku tergugat
Kepala Dinbudparpora, Sentot Sujarwoko selaku tergugat

Kepala Dinbudparpora, Sentot Sujarwoko selaku tergugat satu, dinilai tidak memberikan informasi yang dibutuhkan Makruf Irianto sebagai penggugat. Informasi yang dibutuhkan penggugat adalah data pertanggungjawaban KONI penggunaan dana APBD tahun 2013.

Penggugat bakal menghadapi pagar tembok tebal yang melindungi Dinbudparpora. Pasalnya Dinbudparpora telah memberikan kuasa kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonogiri untuk menghadapi gugatan perkara itu.

Kajari Wonogiri H. Dwi Seto Budi Utomo menjelaskan, berdasarkan UU nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan. Sesuai pasal 30 (2) sebagai jaksa pengacara negara (JPN) dapat mewakili lembaga pemerintahan dalam perkara perdata dan tata usaha negara (Perdata-TUN).

Kejari Wonogiri dengan Dinbudparpora telah bekerja sama, dibuktikan dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak, dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Perdata dan TUN).

Dalam MoU, Dinbudparpora telah memberikan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada Kajari tertanggal 9 Mei lalu. Kemudian Kajari membentuk tim, terdiri dari Jaksa Pengacara Negara (JPN) Jati Insani (Ketua), dan anggota Suwarti, Hardoyo, dan Siwi Prastiani. “Tim ini berdasarkan SKK akan memberikan bantuan hukum kepada Dinbudparpora,” kata Kajari.

Terpisah Makruf Irianto sudah dikonfirmasi. Dia menyatakan menggugat atas nama pribadi, bukan lembaga. Tampaknya Makruf Irianto ngeper. Terbukti dia menyatakan akan mencabut gugatannya. Bukti lain, pada sidang pertama dengan agenda pembacaan gugatan, Rabu (12/5) lalu Makruf tidak hadir.Majelis hakim perkara itu diketuai oleh Soya Haspita dengan anggota Ratih Kusuma Wardani, Aliya Yustitia Sagala, menunda sepekan kedepan. (baguss)

error: Content is protected !!