Ada Stok Pengangguran Wonogiri Mencapai 18.000 Orang

0 195
Kepala Dinas Tenaga Kerja sedang memberikan keterangan kepada wartawan beberapa waktu lalu di ruang kerja Bupati Wonogiri.
Kepala Dinas Tenaga Kerja sedang memberikan keterangan kepada wartawan beberapa waktu lalu di ruang kerja Bupati Wonogiri.

INFOWONOGIRI.COM-KOTA -Jumlah penduduk Wonogiri yang tidak bekerja alias (pengangguran) mencapai 18.000 orang. Mereka terdiri dari usia produktif rata rata di atas 18-40 tahun. itu dikemukakan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Kabupaten Wonogiri Ristanti, belum lama ini.

Dalam rangka mengurangi angka pengangguran, kini di Wonogiri tersedia lapangan pekarjaan cukup luas. Penempatan Antar Kerja Lokal (AKL) di Kabupaten Wonogiri membutuhkan tenaga kerja kurang lebih 3000 orang. Di pabrik PT Libra Premana dan Rojo Busana di Selogiri dan Ngadirojo butuh 700 orang husus tenaga kerja perempuan.

Pabrik kayu barecord Nagabuana 4 di Wonogiri Kota dan Cahyo Nugroho Jati di Ngadirojo butuh tenaga kerja sebanyak 630 pria dan wanita sebagai tenaga operator produksi. Bahkan kantor perbangkan antara lain BTPN, Danamon, dan retail swalayan juga membutuhkan ribuan tenaga kerja.

Namun peluang kerja tersebut hingga saat ini tidak belum terisi. Padahal peluang itu ada sejak beberapa tahun lalu. Sementara itu, tenaga produktif yang saat ini telah bekerja di perusahaan garment dan pabrik kayu dikeluhkan oleh pihak perusahaan. Pasalnya etos kerja tenaga kerja Wonogiri rendah.

Misalnya, di saat perusahaan membutuhkan tenaganya untuk produksi, sejumlah karyawan memilih libur (tidak masuk bekerja). “Alasannya macam macam. Karena ada lelayu (melayat) atau punya hajat,” kata Kepala Badan Pelayanan Modal Perijinan (BPMPP) Kabupaten Wonogiri Eko Subagyo, mengutip keluhan pengelola perusahaan. (baguss)

 

error: Content is protected !!