Ada Peluang Calon Bupati-Wakil Bupati Jalur Perseorangan

0 49
Kantor KPU Wonogiri
Kantor KPU Wonogiri

INFOWONOGIRI.COM-KOTA-Bakal Calon Bupati-Wakil Bupati melalui jalur perseorangan mendapatkan kesempatan untuk mendaftarkan diri ke KPUD Wonogiri.

Pendaftaran dibuka mulai 11 s/d 15 Juni mendatang. Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua KPUD Wonogiri Mat Nawir SAG, Selasa (26/5) di Graha Asriyanti Wonogiri, di sela-sela Sosialisasi Tahapan Pilkada Wonogiri.

“Kami berharap akan ada calon perseorangan,” kata Mat Nawir. Mat Nawir mengaku mendapatkan kabar akan ada yang mendaftarkan sebagai pasangan Calon Bupati-alon Wakil Bupati. Tetapi Mat Nawir belum berani menyebutkan Calon tersebut.

Ditambahkan, pasangan Calon Perseorangan harus mendapatkan dukungan dari masyarakat dengan prosentase 6,5 persen dari jumlah Jumlah Pemilih Wonogiri. Atau kurang lebih 68 ribu dari jumlah pemilih yang mencapai 850 ribu jiwa.

Pasangan Calon Perseorangan bisa berangkat menggunakan Parpol peserta pemilu yang tidak memiliki kursi di DPRD II, dan atau melalui Parpol pemilik kursi di DPRD II Wonogiri tetapi tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan melalui jalur Parpol.

Di Kabupaten Wonogiri ada dua parpol yang bisa mengusung pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati adalah PDI-Perjuangan dan Partai Golkar. Sedangkan Parpol lain tidak bisa mencalonkan sendiri-sendiri. Karena tidak memenuhi syarat minimal kursi dewan. PDI-P memiliki 13 Kursi. PG 10 kursi. PKS (6). PAN (4), PD (4), Gerindra (4) PPP (2), PKB (1) dan Nasdem (1). Syarat bisa mengajukan pasangan Calon Bupati minimal memiliki 9 kursi dewan. (baguss)

error: Content is protected !!