“Dusunku Beriman ” Antar Wonogiri Terima Penghargaan Pendidikan Islam

0 40

wonogiri logoinfowonogiri.com-WONOGIRIKOTA– Kabupaten Wonogiri terpilih menjadi salah satu dari 10 Kabupaten/Kota di Indonesia yang menerima penghargaan apresiasi Pendidikan islam atau Anugerah Amal Bhakti bidang pendidikan dari Kementerian Agama RI. Kesepuluh penerima penghargaan itu adalah Kabupaten Wonogiri, Gorontalo, Batang, Kota Ternate, Lumajang, Majalengka, Berau, Kuningan, dan Kota Semarang.

“Proses untuk menerima penghargaan ini awalnya lewat pengisian kuisioner yang memuat kebijakan Pemkab terhadap perkembangan lembaga Pendidikan formal maupun non formal. Setelah dilakukan cek lapangan kemudian Bapak Bupati presentasi ke Kemeterian Agama bulan Desember lalu,” ungkap Plt Sekretaris Daerah Drs. Suharno, M.Pd dalam acara saresehan peningkatan pendidikan islam, Jumat (10/1).

 

Ditambahkan bahwa indikator penentu keberhasilan meliputi visi dan misi Bupati, regulasi Pemkab yang prospektif terhadap perkembangan pengembangan pendidikan islam, serta kesadaran masyarakat. Salah satu Program inovatif dari Wonogiri yang menjadi daya tarik adalah programDusunku Beriman. “Program ini berbeda dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Jadi gambaran kegiatan Dusunku Beriman ini Pemkab mengalokasikan anggaran untuk dusun di Wonogiri lewat kegiatan memberikan pelajaran kepada satu dusun secara  kontinyu selama tiga bulan berturut-turut harus bebas dari buta huruf Al Qur’an. Program ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari daerah lain ketika kita membawakan presentasi.

”Kegiatan keagamaan ini sejalan dengan visi Bupati Wonogiri yang ingin menciptakan masyarakat yang berkualitas dan berakhlak mulia. Kabijakan Pemkab terhadap pendidikan islam juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Contohnya saja, memfasilitasi bantuan 84 masjid/musholla dan 26 TPQ (2010); memfasilitasi bantuan 190 masjid/musholla dan 20 TPQ (2011); memfasilitasi bantuan 290 masjid/musholla, 247 TPQ, 20 Madrasah Diniyah, 11 Ponpes (2012); serta memfasilitasi bantuan 304 masjid/musholla, 275 TPQ, 8 Madrasah Diniyah, 12 Ponpes (2013). “Di tahun 2014 kita telah merencanakan untuk bantuan hibah sarpras keagamaan 234 masjid dan rehab Masjid Agung, 86 TPQ, 5 Madin, dan 5 Ponpes,” imbuh Plt Sekda.

Sementara itu kegiatan saresehan peningkatan pendidikan islam diisi oleh nara sumber Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri Drs.Siswanto, M.Pd dan perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri. (Bagus)