Wisuda 34 Mahasiswa STABN Raden Wijaya Wonogiri

0 84

Wonogiri-20131209-02224

infowonogiri.com – WONOGIRI KOTA – Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri menyelenggarakan Wisuda Kelulusan yang ke  lll di Gedung Giri Wahana kawasan GOR Girimandala Wonogiri Senin (9/12) diikuti 34 wisudawan/wisudawati dari berbawai wilayah di Indonesia. Antara lain dari Sumatra Sulsel, Lampung, Jatim, Bali, dan NTB.

STABN berkampus di Bulusulur Wonogiri. Saat memiliki 154 mahasiswa. Tahun ini meluluskan 34 mahasiswa/i. “Di Indonesia hanya ada 15 STAB. Sebanyak 10 kampus telah mampu meluluskan mahasiswanya. Salah satunya STABN Raden Wijaya Wonogiri,” kata Ketua STABN Raden Wijaya Wonogiri Suhartoyo Pusaka Jati.

STABN berdiri sejak sekira 8 tahun silam pada masa pemerintahan Bupati Begug Poernomosidi SH. Suhartoyo membeberkan, potensi guru Agama Budha di Indonesia masih sangat tinggi. Jumlah mahasiswa STAB terus meningkat. Jumlah wisudawan STAB juga terus bertambah. Namun tidak semua alumni STAB tidak memilih menjadi guru.

“Di Indonesia masih kekurangan guru agama Budha. Namun tidak semua wisudawan mau menjadi guru. Padahal di Indonesia kekurangan guru agama Budha, khususnya di Jawa tengah,” kata Suhartoyo. Sebagian ada yang memilih menjadi Penyuluh, Pendeta dan atau yang lain.

Dari 34 wisudawan/ti tahun ini Etik Riswanti meraih nilai tertinggi dengan IP 3,4 asal Temanggung. Sedangkan mahasiswa tercepat diwisuda adalah Ragil Erna asal Pati. Ragil berhasil menempuh kurang dari 4 tahun, sekira 3,5 tahun.

Sementara itu, STABN Raden Wijaya Wonogiri berencana membuka Jurusan Sains dan Humaniora (sejarah). Sekaligus untuk dalam rangka status dari sekolah tinggi menjadi Perguruan Tinggi (Universitas) di Wonogiri.

“Secepat cepatnya 10 tahun mendatang baru akan tercapai. Karena untuk menjadi sebuah Universitas dibutuhkan banyak syarat,” tandas Suhartoyo. Antara lain membutuhkan lahan seluas 25 Hektar tanah. Saat ini STABN Raden Wijaya baru memiliki 500 M2. (N420)R

error: Content is protected !!