Wakil Ketua MPR RI Berpendapat Tak Perlu Pemilihan Langsung

0 71

IMG-20131204-01169

infowonogiri.com-SIDOHARJO-Wakil Ketua MPR RI H. Hajriyanto Thohari berpendapat, pemilihan Bupati-Wakil Bupati, Walikota-Wakil Walikota tidak perlu dilakukan pemilihan langsung.

Menurut Hajriyanto, pemilihan langsung dinilai pemborosan anggaran uang pemerintah.Setiap tahun ada Pilkada di seluruh Indonesia ada kurang lebih 542 Kabupaten/Kota. Bahkan bisa lebih dari satu Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Bupati-Wakil Bupati/Walikota/Walikota.

“Saya lebih karena alasan penghematan anggaran saja. Lebih baik pemilihan Bupati-Wakil Bupati dipilih oleh DPRD Kbupaten/Kota,” ujar Hajriyanto pada acara Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara di Gedung Balai Desaa Kayuloko Sidoharjo, Wonogiri Rabu (4/12).

Menurutnya, pemilihan langsung yang pernah dilaksanakan di Indonesia yaitu pada 2004 dan 2009 memberikan peluang politik transaksional. Yang dimaksud adalah monye politik.Hajriyanto juga tidak menjamin, bahwa Pemilihan Bupati/Walikota melalui wakil rakyat akan menjamin tidak terjadi money politik.

Di sisi lain, Pemilihan langsung memunculkan raja-raja kecil di pemerintah daerah Kabupaten/Kota. Karena merasa dipilih langsung oleh rakyat mereka sering kali mengabaikan perintah dari Gubernur. “Mereka merasa dipilih langsung oleh rakyat. Mereka ketika diundang Gubernur tidak mau datang,” ujar Hajriyanto. (Bagus)

error: Content is protected !!