Tim Penegak Hukum Gelar Operasi Bersama

0 60
salah satu sidang kasus pelanggaran SIM bagi pengendara sepeda motor
salah satu sidang kasus pelanggaran SIM bagi pengendara sepeda motor

infowonogiri.com – SELOGIRI – Tim penegak hukum gabungan Polres Wonogiri, Kejaksaan Negeri Wonogiri dan Pengadilan Negeri Wonogiri menggelar “Operasi Bersama Sidang Di Tempat” di tepi Jl Raya RM Said Brumbung Selogiri, Selasa (10/11) pagi.

Operasi gabungan tersebut merupakan tindaklanjut dari kegiatan Operasi Zebra 2013 yang digelar sejak Kamis (28/11) lalu sampai Selasa (10/12). Kegiatan tersebut dalam rangka menegakkan UU Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tampak Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Budiyono hadir di lokasi di halaman PN Wonogiri tempat digelarnya “Operasi Bersama” tersebut. Hadir pula jaksa penuntut umum Harinto dan Wonogiri, dan hakim tunggal Hendra Utama Sutardodo.

Dalam Operasi kemarin tim berhasil menilang sebanyak 62 pelanggar. Mayoritas pengendara yang tertilang karena tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), tak membawa STNK dan tidak mengenakan sabuk pengaman.

Semua pelanggar masuk ke ruang sidang Kantor PN untuk mengikuti persidangan. Dalam persidangan, pelanggar yang terbukti diwajibkan membayar denda berupa uang. Misalnya pengendara yang tidak memiliki SIM wajib membayar denda Rp.60 ribu.

Opersi Sidang Di Tempat bertujuan untuk mempermudah pelanggar menyelesaikan perkaranya. “Petugas Satlantas tidak lagi bertanggungjawab karena denda sudah dibayar, maka barang bukti diberikan,” katanya. (N420)

error: Content is protected !!