Praja Ancam Boikot Takkan Coblos DPR RI Pada Pemilu 2014

0 72
Bupati, Ketua DPRD dan wakil Ketua DPRD foto bersama dengan para Kades dan  Caleg DPR RI sebelum berangkat ke DPR RI
Bupati, Ketua DPRD dan wakil Ketua DPRD foto bersama dengan para Kades dan Caleg DPR RI sebelum berangkat ke DPR RI

infowonogiri.com – WONOGIRIKOTA – Sekitar 135 anggota Praja Giri Manunggal Wonogiri berangkat ke Jakarta untuk mengawal Rapat Pansus,  RUU Desa, yang digelar di gedung DPR RI, Rabu (18/12).

Sebelum berangkat,  berkumpul di rumah dinas Bupati Wonogiri, Selasa (17/12). Aksi praja itu didukung Bupati dan pimpinan DPRD Wonogiri serta beberapa Caleg DPR Dapil IV Jateng. H Danar Rahmanto, Wawan Setya Nugraha, Hamid Noor Yasin, Ibnu Bilaludin dan Bambang.

Mereka meyakinkan, bahwa masyarakat tidak akan terganggu selama ditinggalkan ke Jakarta. “Pelayanan sudah diserahkan kepada Sekdes,” ujar Kades Paranggupito, Suparmo.
Pembina Praja Giri Manunggal, Wonogiri.

Dalam pernyataan politisnya, praja se-Indonesia mengancam akan boikot Pemilu khusus kartu suara anggota DPR tidak akan dipilih. “Jika isi RUU Desa tidak sesuai tuntutan,” ujar Hartono mantan Kades Manjung Wonogiri Kota.

Menurutnya, hasil lobi pasal-pasal di RUU mendekati tuntutan perangkat desa. Praja menyadari tidak semua tuntutan akan dipenuhi. “Paling tidak setelah UU Desa disahkan,
akan ada anggaran bagi desa sebesar 10% dari APBN yang dikucurkan ke daerah. Alokasi 10% tidak mengurangi anggaran daerah sehingga dana yang dikelola desa per tahun berkisar Rp.800 juta hingga Rp900 juta,” pungkasnya. [N420]

error: Content is protected !!