Perajin Terompet Bulukerto Merasa Tersaingi Produk Luar Negeri

0 55
Marimin (54) salah seorang perajin teropet
Marimin (54) salah seorang perajin teropet

infowonogiri.com – BULUKERTO – Pergantian tahun 2013 menuju tahun 2014 tinggal menghitung hari. Pergantian tahun indentik dengan perayaan bunyi terompet dan kembang api. Hal ini menjadi peluang bagi masyarakat di Bulukerto.

Masyarakat di setempat sebagian besar pengrajin terompet berbahan dasar kertas, dan empet (mambu kecil). Ternyata teropet hasil produksi warga Bulukerto tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia, bahkan sampai ke negeri seberang Malaysia.

Marimin (54) salah seorang perajin teropet mengatakan pembuatan terompet hanya membutuhkan waktu kurang lebih seminggu. Paling lama memproduksi terompet berbentuk ular naga. Karena memerlukan aneka aksesoris yang menempel.

Marimin sendiri rencananya akan berangkat ke kota Magelang sebagai tempat tujuan menjual teropet hasil produksinya. Harga satu teropet biasa model lurus dibanderol Rp.5 ribu. Terompet lengkung Rp.15 ribu. Terompet bebentuk ular naga Rp.30 ribu.

Akhir tahun baru Marimin mengurangi jumlah produksinya. Ia berencana hanya akan membawa 1500 biji. Alasannya, sekarang ada terompet produk Cina yang lebih praktis dan lebih awet. “Tahun lalu, sebelum ada terompet Cina, saya bisa bawa 3000 biji, itu habis terjual sebelum malam tahun baru,” katanya. (Rama)

error: Content is protected !!