Pemkot Solo Bakal Dirikan Museum Jenang

0 50

festival jenang
 

infowonogiri.com SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal membangunan Museum Jeneng. Pembangunan museum itu dilatarbelakangi dengan banyaknya aneka jenis jajanan khas Kota Solo salah satunya jenang. Gagasan ini dimunculkan oleh Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo beserta Yayasan Jenang Indonesia beberapa waktu lalu.

Rencana pendirian museum ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo siap memberikan fasilitas selama pembangunan nanti berlangsung.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Widdi Srihanto kepada wartawan.

“Sebab, keberadaan museum itu ke depan mampu mengakomodir keinginan para pecinta kuliner yang tertarik mencicipi beragam jajanan dan masakan olahan khas Solo dalam satu tempat,” kata Widdi sapaan Kepala Disbudpar.

Disamping untuk mendukung gagasan walikota, pembangunan Museum Jenang ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat di Kota Solo termasuk pihaknya. Karena kata Widdi, jumlah kuliner khas Kota Solo hingga saat ini terus bermunculan dangan berbagai pilihan rasa yang enak dan unik.

Pendirian museum ini katanya dinilai lebih afektif dalam rangka untuk mempromosikan wisata di Kota Solo. Karena keberadaan museum secara tidak langsung akan menampung semua kekayaan kuliner yang dimiliki Kota Solo. Bahkan, museum ini nantinya juga akan menjadi ajang untuk memperkenalkan makanan khas tradisional dari kabupaten di seluruh eks-Karisidenan Surakarta.

“Hingga saat ini masih terdapat kuliner kota Solo yang dianggap legendaris serta terkandung filosofi yang dalam, namun jarang dikenal khalayak ramai. Sebab, sebagian makanan hanya diperuntukan untuk event kebudayaan tertentu,” jelas Widdi.

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya akan menggandeng sejumlah penggiat wisata lokal travel agent di bidang perhubungan darat, laut dan udara yang ada di kota ini. Dirinya mengklaim pendirian Museum Jenang di Solo akan menjadi satu-satunya museum pertama di Indonesia.[Zam]

error: Content is protected !!