Nuansa Politis Warnai Pengisian Balon Kadus Di Kecamatan Paranggupito

0 86
Suasana Pilkades 2013
Suasana Pilkades 2013

infowonogiri.com – PARANGGUPITO – Pemerintahan Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, saat ini tengah membutuhkan perangkat Desa. Yang dibutuhkan adalah tiga orang Kepala Dusun (Kadus). Saat ini Pemerintahan Desa setempat telah membuka lowongan untuk mengisi tiga kursi Kadus yang lowong. Yaitu untuk Dusun Plawon, Dusun Duren dan Dusun Pelem.


Rencana pengisian perangkat Desa telah dibuka. Sebanyak delapan orang telah melamar. Posisi Kadus Plawon ada dua pelamar, Kadus Duren ada empat pelamar, dan Kadus Pelem ada dua pelemar. Penetapan calon akan dilaksanakan pada 18 Desember.

Aroma politis menjelang penetapan calon Kadus mewarnai situasi di sana. Salah satu peserta mengaku dipengaruhi oleh seorang oknum untuk mengundurkan diri. Bahkan ada pihak yang menyebut oknum tersebut telah mengintimidasi salah satu calon.

Tujuannya, dikabarkan agar calon lain mulus terpilih sebagai Kadus. Keluarga salah satu pelamar tersebut merasa ada permainan menjelang pengisian perangkat Desa setempat. “Kami memohon yang fairlah, tidak usah bermain politik apalagi sampai menekan pihak lain,” ujar sumber INFOWONOGIRI.

Terpisah, Kades Gunturharjo Suyadi, Jumat (13/12) membantah ada oknum panitia yang mengintimidasi atau memengaruhi salah satu calon agar mengundurkan diri. Namun jika suhu politik mewarnainya, menurutnya pantas saja. Apalagi menjelang Pemilu Legislatuf April 2014 mendatang. Dia menegaskan, bahwa pelaksanaan tes untuk pengisian Kadus akan dilaksanakan secara fair dan trasparan.

“Tidak ada peserta yang mundur, juga tidak ada yang memerintahkan salah satu calon agar mengundurkan diri,” tegasnya. Menurutnya tes akan dilaksanakan di balai Desa setempat secara terbuka pada 23 Desember mendatang. Bagi peraih nilai hasil tes tertinggi maka dialah yang dinyatakan lulus/terpilih. Jika terjadi ada nilai yang sama maka akan diuji kembali dengan materi yang berbeda. [Bagus]

error: Content is protected !!