Ingin Punya Jantung Sehat, Ini Salah Satu Caranya

0 38
Donor Darah / Ilustrasi
Donor Darah / Ilustrasi

infowonogiri.com  – JATIPURNO – Di Pondok Pesantren (Ponpes) Bairuha’ pada Sabtu (7/12/13) diadakan donor darah. Dimulai dari pukul 09:00 sampai pukul 14:00 WIB bertempat di gedung lantai empat  Ponpes Bairuha’ di Desa Pule, Kecamatan Jatipurno.

Peserta donor darah terdiri dari santri dan jamaah Ponpes dan warga masyarakat sekitar Ponpes. Satu persatu hadirin mendonorkan setetes demi setetes darahnya. Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi yang membutuhkan darah. Namun juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor.

Anggapan yang menyebutkan berdonor darah bisa menyebabkan lemas adalah tidak sepenuhnya benar. Saat berdonor darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. “Jadi, tidak mungkin akan mengalami kekurangan darah,” tandas petugas PMI.

Manfaat utama donor darah adalah menjaga kesehatan jantung. Dengan rutin donor darah, maka menurunkan risiko penyakit jantung. Setiap donor darah akan mendapatkan pasokan darah baru. “Donor darah cara terbaik menstimulasi pembuatan darah baru,” kata Fulan.

H. Kardi selaku panitia donor darah mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tiga  bulan sekali. Untuk kali ini merupakan ke delapan kali digelar. Biasanya pendonor lebih dari 150 orang. Tetapi kali ini hanya diikuti oleh 116 orang.

Sukiyem (40) seorang pendonor mengemukakan, dirinya rutin donor darah setiap tiga bulan sekali. “Kalau sudah waktunya donor, jika tidak donor malah merasa pusing,” katanya. Pendonor selain mendapat makanan bervitamin dan bergisi juga mendapatkan bingkisan kaos cantik. [Eka]

error: Content is protected !!