Hari Difabel Internasional Baru Pertama Kali Digelar Di Wonogiri

0 72
kaum difabel bersama tokoh anggota advokasi dan satlantas polres Wonogiri
kaum difabel bersama tokoh anggota advokasi dan satlantas polres Wonogiri

infowonogiri.com –  WONOGIRIKOTA – Untuk kali pertama “Hari difabel Internasional” diperingati oleh kaum difabel di Kabupaten Wonogiri, Minggu (22/12) dipusatkan di alun alun Giri Krida Bhakti Wonogiri.

Tampak hadir sesaat Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setya Nugraha, Wahyu Widayato Anggota Tim Advokasi Difabel Kabupaten Wonogiri, aktifis pendamping lapangan (PL) kaum difabel Novi dan puluhan penyandang divabilitas di Wonogiri. Antara lain Organisasi Difabel, Paguyuban Difabel dan NPC (Nasional Paralimpic Comite) Wonogiri.

Acara ini dimulai dengan kegiatan konvoi kendaraan roda 2, roda 3 dan roda 4 dari Kecamatan Jatisrono sampai di Satlantas Polres Wonogiri dan finis di alun alun Giri Krida Bhakti Wonogiri. Di alun-alun digelar pentas seni anggota kaum difabel, dan penandatanganan dukungan atas disahkannya Raperda menjadi Perda Kesetaraan dan Pemberdayaan Difabel oleh Bupati Wonogiri bersama DPRD II Wonogiri.

Acara ini dimaksudkan sosialisasi untuk kaum difabel maupun masyarakat pada umumnya. Kaum difabel ingin Perda yang telah disahkan segera diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sementara isu penting yang digulirkan dalam iven kali ini, ada lima point. Pertama pendidikan yang diselenggarakan pemerintah saat ini belum berpihak kepada kaum difabel. Kedua layanan kesehatan juga belum dapat menampung kaum difabel yang mencapai 13 ribu jiwa di Wonogiri. Ketiga kaum difabel lebih rentan miskin. Keempat ketenagakerjaan. UU nomor 13 tahun 2003 mensyaratkan 1 persen tenaga kerja diperuntukan bagi kaum difabel. Kelima, sarana prasarana ruang publik dan layanan publik harus tersedia untuk kaum difabel.[Bagus]

error: Content is protected !!