BPN Penuhi Target 5000 SHM Prona Tahun 2013

0 94
Kepala BPN Kabupaten Wonogiri Hariyanto SH.MKn, memberikan keterangan kepada wartawan Rabu (18/12) siang
Kepala BPN Kabupaten Wonogiri Hariyanto SH.MKn, memberikan keterangan kepada wartawan Rabu (18/12) siang

infowonogiri.com – WONOGIRIKOTA – Badan Pertanahan Kabupaten (BPN) Wonogiri telah mencapai target realiasi fisik penyertifikatan 5000 Sertifikat Hak Milik (SHM) Program Nasional (Prona) sebulan lebih awal dari pada yang ditergetkan oleh BPN RI, sejak akhir Nopember lalu.

Hal itu dikemukkan oleh Kepala BPN Kabupaten Wonogiri Hariyanto SH.MKn, Rabu (18/12) kemarin. Hariyanto menjelaskan, 5000 SHM Prona tersebut dibagikan kepada 5000 pemilik 5000 bidang yang tersebar di 32 Desa di 10 Kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Yaitu di Kecamatan Giritontro (Kelurahan Giritontro, Pucanganom, dan Ngargoharjo). Di Wuryantoro (Desa Gumiwang Lor, Mlopoharjo, Pulutan Wetan). Di Ngadirojo (Desa Kerjokidul, Jatimarto, dan Gemawang).

Di Wonogiri Kota (Desa Wonoharjo, Manjung, Purwosari, dan Sendang). Di Kecamatan Bulukerto (Desa Bulukerto, Geneng, Conto, Ngglik, dan Bulurejo). Di Kecamatan Kismantoro (Desa Lemahbang dan Gedawung). Di Kecamatan Giriwoyo (Guwotirto, dan Sendangagung).

Di Kecamatan Paranggupito (Desa Gunturharjo, Paranggupito, Gudangharjo). Di Kecamatan Nguntoronadi (Beji, Pondoksari, Ngadiroyo, Semin, Wonoharjo). Di Kecamatan Tirtomoyo (Desa Hargantoro).

“Alhamdulillah target 100 persen fisik SHM Prona tahun 2013 selesai. Target keuangan kita mencapai 98 persen. Tersisa 2 persen atau sekitar Rp.25 juta kita kembalikan ke Kas Negara. Karena tidak bisa direalisasikan,” tambah Heru, stafnya.

BPN Wonogiri juga telah menyelesaikan program SMS (Sertifikat Masal Swadaya) tahun 2013 sebanyak 2141 bidang. “Tersisa 83 bidang, karena terjadi kesalahan teknis di Desa Purwoharjo Kecamatan Karangtengah. Ini menjadi PR pada tahun 2014 mendatang,” katanya.

Sementara itu, di tahun 2014 mendatang, BPN Wonogiri ditargetkan mampu menyelesaikan 3000 bidang SHM Prona. Meliputi enam kecamatan. Yaitu di Giritontro, Paranggupito, Bulukerto, Giriwoyo, Wuryantoro, dan Tirtomoyo.[N420]

error: Content is protected !!