Ujian Kenaikan Tingkat “GARUDA SAKTI”

0 648

garudasakti

infowonogiri.com – WONOGIRI – Nama GARUDA SAKTI bagi sebagian kalangan masyarakat kota gaplek Wonogiri tentunya sudah tidak asing lagi. Terutama kalangan pelajar SMP dan SMA/SMK di wilayah kota waduk Gajah Mungkur ini sudah sangat mengenalnya. Ya, GARUDA SAKTI (GASAK) adalah sebuah perguruan seni beladiri pencak silat yang sepak terjangnya berada di dunia pendidikan atau sekolah sebagai sebuah kegiatan ekstra kurikuler.

GASAK berdiri sejak 17 Agustus 1985 bermarkas di SMA Negeri 2 Wonogiri. GASAK dengan semboyan “Bhakti Spasthika Satria Byapara Pasehat Tama”  (Bakti seorang satria adalah berkata dan berbuat yang benar) didirikan oleh Guru Besar atau pendiri bapak R. Mursyid Sunaryo. Beliau juga menjabat sebagai WAKASEK di SMA Negeri 2 Wonogiri. Kini beliau telah berpulang ke rahmatullah, beliau wafat pada tanggal 18 Agustus 2013. Semoga arwah almarhum senantiasa di sisi Allah SWT. Aamiin.

GASAK hingga saat ini masih tetap aktif, bahkan semakin meluas. Prestasi-prestasi kejuaraan di bidang olah raga seni bela diri pencak silat baik tingkat kabupaten maupun karisidenan banyak diukir oleh atlit-atlit dari GASAK. Dan kemarin pada hari Sabtu – Minggu (9-10/11/2013) GASAK melaksanakan ujian kenaikan tingkat.

“Sekira 120 anggota ikut dalam ujian kenaikan tingkat di SMK Negeri 2 Wonogiri. Peserta ujian berasal dari SMKN 2 Wonogiri, Panti Asuhan Esti Tomo, SMP Pracimantoro, SMPN 1 Selogiri, SMP Jatisrono, dan SMP Sidoharjo.” Ujar Sapar, S.Pd selaku penanggung jawab ekstra kurikuler pencak silat di SMKN 2 Wonogiri dengan kepala sekolah Drs. Ir. H. Dikin, S.Pd.

Sedangkan menurut pembina pencak silat SMKN 2 Wonogiri, Susilo Adi menuturkan materi ujian kenaikan tingkat dilaksanakan pada Sabtu malam meliputi: gemblengan mental, gemblengan fisik, penguasaan teknik, penguasaan jurus, serta wejangan rohani, selesai pada pukul 03:00 WIB (dini hari).

Penutupan ujian dilaksanakan Minggu pagi (10/11/2013) setelah dilakukan pemanasan serta pemberian sabuk kenaikan tingkat (putih, kuning, dan merah) kepada 120 peserta oleh Ketua Umum GASAK Eko Ady Soeranto, SE. [Agus]

error: Content is protected !!