Seleksi Calon Kepala Sekolah SMP SMA se-Wonogiri

0 92
 Suwanto Kabid SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri.
Suwanto Kabid SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri.

 

infowonogiri.com -WONOGIRIKOTA – 148 Guru Mengikuti Seleksi Calon Kepala Sekolah (Kasek) SMP dan SMA se-Kabupaten Wonogiri berlangsung dua hari, Jumat dan Sabtu (29/11 – 30/11) di gedung SMAN1 Wonogiri.

Kabid SMP dan SMA H.Suwanto menjelaskan tes seleksi calon Kasek diikuti 148 peserta terbaik hasil penjaringan oleh Kasek senior di SMP dan SMA masing masing se-Wonogiri.Tahap awal seleksi penjaringan yang mengikuti tes portopolio ada 120 orang. Kemudian disaring menjadi 92 guru calon Kasek SMP dan 28 guru calon Kasek SMA. Kemudian diserahkan ke LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan).

“Ujian tahap kedua dilaksanakan hari Sabtu (30/11), hasilnya nanti menunggu kabar dari LPMP Semarang,” kata Suwanto Kabid SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri.

H. Suwanto membeberkan, saat ini kekosongan Kasek hanya ada di dua SMP. Yaitu di SMPN 3 Slogohimo,  SMPN 2 satu atap di Tirtomoyo dan SMAN1 Purwantoro. Kasek SMAN1 Purwantoro kosong karena pejabat lama pensiun. Kasek lain diproyeksikan untuk tahun 2014 nanti.Pada akhir tahun ini juga akan ada penilaian para Kasek sehingga akan ada pengantian apabila dibutuhkan.

Sementara itu Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri sudah mempunyai stok Calon Kasek yang pernah dinyatakan lulus mengikuti tes seleksi calon Kasek SMP dan SMA. Jumlahnya ada sebanyak 70 Kasek, namun sampai sejak tes seleksi pada tahun 2007 sampai sekarang belum menjabat. Belakangan mereka harus mengikuti tes ulang sebagai Kasek.

Karena ada aturan baru PP 44 tahun 2011 yang mengharuskan untuk mengikuti seleksi ulang. “Ada 70 stok calon Kasek lama.Namun mereka harus mengikuti tes ulang jika ingin menjadi calon Kasek,” kata Suwanto. Dari hasil pendataan, ada 30 dari 70 mantan Calon Kasek yang mengikuti tes saat ini. Satu Kasek diantaranya mengundurkan diri. Ada 40 mantan Kasek tak berminat mengikutinya.[N420]

error: Content is protected !!