Ratusan Dokter Duduki Dewan , Ratusan Pasien Pulang

0 90
Ratusan Dokter Duduki Dewan , Ratusan Pasien Pulang
Ratusan Dokter Duduki Dewan , Ratusan Pasien Pulang

infowonogiri.com -WONOGIRI – Pantauan Info Wonogiri terhadap beberapa rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Wonogiri berdampak sepi pelayanan pada Rabu (27/11) siang sampai petang, menyusul aksi unjukrasa yang dilakukan oleh sekitar 147 dokter anggota dan pengurus Ikatan Dokter Indonesia  (IDI) Kabupaten Wonogiri.

Aksi digelar di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri (DKK). Mereka membentangkan spanduk penolakan atas kriminalisasi dokter seperti yang dialami dr Dewa Ayu Sasiary Prawani dkk. Dari DKK mereka berjalan kaki menuju ke gedung DPRD Wonogiri. Mereka  menemui wakil rakyat di Komisi D. Ratusan dokter menandatangani kain putih sebagai bentuk penolakan kriminalisasi profesi dokter.

Mulai sekira 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB, di ruang tunggu hampir di seluruh poliklinik-poli klinik di RSUD Soediran Mangun Soemarso (SMS) kosong tampa pasien satupun. Sebelumnya, diperoleh informasi puluhan pasien rawat jalan terpaksa dipulangkan, meski telah mendaftarkan pada loket pendaftaran.

Tercatat ada 140 pesien yang telah mendaftarkan diri ke semua Poliklinik dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD SMS Wonogiri. Sebagian yang mendaftar di Poliklinik telah terlayani, namun sebagian tidak terlayani. Sementara yang mendaftarkan diri di IGD tetap terlayani.

Direktur RSUD SMS Setyarini melalui Kabid Perencanaan dan Bina Progam Teguh Widodo menyatakan, bawha sebagian besar pasien yang mendaftarkan diri pada rawat jalan di setiap poliklinik telah terlayani. Sedangkan sebagian sedikit –diakui- tidak terlayani. Namun sebagian pasien yang menjalani rawat inap tetap mendapatkan pelayanan oleh paramedis.

“Prosentase yang terlayani ada 75 persen. Sedangkan yang 25 persen bukan tidak terlayani, melainkan tertunda pelayanannya. Karena yang 25 persen itu memilih pulang dan sudah memakluminya. Besok rencana mereka akan kembali tampa mendaftarkan lagi,” kata Teguh.

Pantauan di RS Amal Sehat Slogohimo, RS Medika Mulya Ngadirojo, RS Marga Husada dan di RS Mulia Hati Selogiri, RS Fitri Candra Selogiri, RS Maguan Husada Pracimantoro juga mengalami hal yang sama, sepi pasien rawat jalan. Sementara

Asal tahu, pengurus dan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Wongoiri, pada Rabu (27/11) mengelar aksi unjurasa solidaritas atas putusan Mahkamah Agung (MA) dalam Kasus  dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani, Sp.OG, dr Hendry Simanjutak, Sp.OG, dr Hendry Siagian, Sp.OG yang dipidanakan dalam perkara dugaan mallpraktek di Manado pada 2010, namun kasus tersebut sampai saat ini belum ada keputusan tetap, kini sedang proses Kasasi di MA dan menunggu peninjuan kembali.[N420]

error: Content is protected !!