Pentas Wayang Kulit Puncak Acara Gelar Seni Tradisi Rakyat Di Griya Prestasi Wuryantoro

0 87
Juara I Dalang Cilik
Juara I Dalang Cilik

infowonogiri.com – WURYANTORO.  Rangkaian acara Gelar Seni Tradisi Rakyat yang di helat Direktorat Jendral Sejarah Dan Nilai Budaya KEMENDIKBUD RI di Griya Prestasi Wuryantoro, berakhir tadi malam (23/11) dengan Pementasan Wayang Kulit semalam suntuk oleh Ki Dalang Lukito dari tlatah Wuryantoro sendiri, dengan menghadirkan Bintang Tamu Pelawak Kondang Ki Rabies dari Jogjakarta.

Sebelum pegelaran Ringgit Purwo dimulai sekira pukul 21.30 WIB, panitia membacakan juara-juara dalam berbagai lomba olah seni tradisional sekaligus penyerahan Tropy, Piagam serta Uang Pembinaan. Hadir dalam penutupan acara ini segenap jajaran Muspika Kecamatan Wuryantoro serta Tamu Undangan dari Dirjend Sejarah dan Seni Budaya KEMENDIKBUD RI.

Berbagai olah Seni Tradisional yang dilombakan diantaranya Seni Tari, Dalang Cilik serta Kothekan Lesung yang berirama rampak. Dalam lomba Dalang Cilik sebagai   adalah. :
1.Pandam Aji Anggoro Putro ( SDN 3 Kepuh Sari Manyaran )
2. Mulia Permana (SMPN 2 Giritontro), 3. Abyan Nuhari Putra ( SDN 2 Mlopoharjo Wuryantoro.)

Sebagai Juara Favorit adalah Saudara Narendra Cahya Nusantara (SDN 1 Pulutan Kulon)

Sedangkan untuk lomba seni tari sebagai juaranya :
1. SDN 3 Pracimantoro, dengan penari Surya Vegy Sabrila dan Ima Puspita Rukmi
2. SDN 1 Gumiwang Lor, dengan penari Dea Ilhamiyati dan Nina Puji Astuti
3.SDN 2 Pulutan Kulon, dengan penari Clarisa Bryan Agustin dan Ruth Clarisa Putri.

Dan sebagai Juara Favorit SDN 1 Wuryantoro, dengan penari Deayani Laras Deayu Putri Aridanti dan Delvia Devi Putri Utami.

Dirjend menghelat acara di Griya Prestasi Wuryantoro kali ini bermaksut ingin menggali serta melestarikan seni budaya tradisi peninggalan nenek moyang yang hampir tenggelam dan hilang. Seperti seni Tradisi SRANDUL yang asli Wuryantoro ini dapat dipastikan Generasi sekarang katakanlah anak-anak Setingkat SLTA sekalipun, tak ada yang tau kalau kita punya Kesenian Asli Wuryantoro yang dalam pementasannya selalu membawakan wejangan-wejangan serta memberi pembelajaran tentang kebaikan-kebaikan ( Cerita Rakyat ) untuk penonton/masyarakat.

Seni SRANDUL ini semacam seni pementasan Ketoprak( Jawa Tengah ) atau Ludruk ( Jawa Timur ) namun yang membedakan kesenian Srandul ini semua Pemainnya adalah Kaum Adam/laki-laki semua, walau ada yang memerankan tokoh Wanita demikian penjelasan Dra. Sugiyanti, M.Pd selaku Ketua Panitia juga sekaligus sebagai Direktur Sanggar Seni dan Belajar Griya Prestasi Wuryantoro ini.[Djarot]

error: Content is protected !!