Penggunaan surat elektronik diprediksi menghemat anggaran ATK 80 %

0 79
Ismiyanto Kepala Dishubkominfo Wonogiri
Ismiyanto Kepala Dishubkominfo Wonogiri

infowonogiri.com – WONOGIRI – Per 1 Januari 2014, seluruh instansi pemerintah diharapkan telah menggunakan alamat email resmi ‘PNS Mail’ sebagai alat komunikasi dalam kegiatan kedinasan. Sehingga terwujud birokrasi modern dengan komunikasi cepat, efektif, dan aman di lingkungan instansi pemerintah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dishubkominfo Kabupaten Wonogiri Ismiyanto SH, MH, saat membuka acara Bimbingan Teknis Pengelola Data Fungsional di Kantor Dishubokminfo Kabupaten Wonogiri, Senin (18/11).

“Saat ini masih banyak ditemukan pegawai yang menggunakan email non pemerintah sebagai alat komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan. Bahkan milik pihak asing. Hal ini beresiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi negara,” terangnya.

Oleh karena itu untuk menjangkau komunikasi yang lebih baik antara pemerintah dan seluruh PNS, pemerintah menetapkan pemanfaatan email nasional bagi seluruh PNS dengan domain @pnsmail.go.id pada website www.pnsmail.go.id.

”Email ini tidak mengesampingkan pemanfaatan email resmi Pemkab yang sudah ada dan dimanfaatkan oleh pemerintah dan PNS. Pemerintah dan PNS tetap dapat memiliki email resmi pemerintah.go.id sesuai dengan aturan, peran dan peruntukannya,” terangnya lebih lanjut.

Dalam acara tersebut juga disosialisasikan adanya sistem administrasi perkantoran secara elektronik yang terintegrasi. Disebut dengan Si-MAYA singkatan dari Sistem Administrasi Perkantoran Maya yang disusun mengacu pada peraturan MENPAN-RB Nomor 6 Tahun 2013.

Menurut Kabid Kominfo, Dwi Saputro, M.Si menyampaikan bahwa dengan penggunaaan sistem ini diprediksi mampu menghemat anggaran penggunaan ATK (Alat Tulis Kantor) di instansi pemerintahan hingga 80% dari anggaran di APBD selama 1 tahun.

”Pelaksanaan sistem ini bukan hanya menjadi tanggungjawab unit kerja kami akan tetapi menjadi tanggungjawab kita semua di masing-masing SKPD, karena tidak mungkin kami intervensi didalamnya,” tambahnya.[Bagus]

error: Content is protected !!