Para Raja dan Sinuhun Ternyata Suka Kesenian Ledek Wonogiri

1 153
 Ir H Warseno Msi (Ki Dalang Warseno Slenk)
Ir H Warseno Msi (Ki Dalang Warseno Slenk)

infowonogiri.com – WONOGIRIKOTA – Ir H. Warseno MSi (Slenk) berkeinginan mengangkat derajat musik keroncong dan kesenian Ledek Asli Wonogiri ke tingkat nasional hingga internasional. Hal tersebut dikemukakan ketika Dalang kondang asal Klaten ini tampai sebagai tamu kehormatan pada Parade Musik Keroncong 2013 Wonogiri di Gedung Giriwahana Wonogiri, Minggu (17/11).

Caleg Nomor 1 Dapil 4 Jateng Wonogiri, Karanganyar dan Sragen adalah sponsor pendukung utama PMK 2013 Wonogiri. “Kami ingin mengangkat derajat musik keroncong ke tingkat Nasional dan Internasional. Saya berharap tumbuh generasi penerus Gesang tokoh legenda musik keroncong tanah air,” tandas Warseno Slenk.

Di luar negeri, menurut Warseno, musik keroncong sangat dihargai. Bahkan harga tiket di luar negeri mencapai ratusan dolar ($) Rp.1 juta lebih (kurs Indonesia). “Penikmatnya kelompok orang orang gedean. Di Wonogiri belum ada yang menggarap ini. Padahal pemainnya bagus-bagus dan ceweknya cantik-cantik,” katanya.

Selain itu Warseno ingin menjadikan Ledek sebagai icon Kabupaten Wonogiri. Orang Wonogiri tidak perlu malu dengan sebuta Ledek. Justru orang Wonogiri harus bangga, mempunyai kesenian Ledek asli Wonogiri. Menurutnya, para raja raja jaman dulu sangat menyukai penari dan pemusik Ledek. Tanpa ada Ledek, Sinden Wonogiri tidak terkenal setenar seperti sekarang ini.

“Berkat Ledeklah Sinden menjadi hebat. Ledek lebih familiar. Inilah Budaya asli Wonogiri. Ledek itu punya power, daerah lain tak punya. Tetapi Ledek belum difolow up. Saya ingin Ledek dan juga musik keroncong diakui dunia internasional sampai mendapatkan penghargaan dari Unesco, seperti Wayang Kulit,” tandasnya.[Bagus]

error: Content is protected !!