Makna Hijrah Yang Sesungguhnya

0 95

muharram

infowonogiri.com – WONOGIRI – Menutur tata bahasa, kata “hijrah” berasal dari bahasa Arab. Dari kata hijaro (kata tunggal) yahjuru (kata kerja) atau yahjiirun (kata jamak). Singkatnya ketiga kata itu mempunyai arti perjalanan. Tiga kata tersebut mengandung maksud peristiwa perpindahan dari yang buruk menuju kepada kebaikan. 

Itulah cuplikan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad DR. H. Janiffulah Syukri, M.Hum. dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Selasa (05/11) pagi di aula Masjid Taqwa Wonogiri. Ustadz mengajak umat nabi Muhammad diajak untuk senantiasa berhijrah dalam arti meninggalkan segala sesuatu perbuatan yang buruk menuju yang lebih baik.

Yaitu dengan berjihad di jalan Allah SWT. Untuk menggapai rahmat Allah SWT. Ada tiga kunci agar hijrah kita mendapatkan rido Allah SWR. Yaitu dengan memegang teguh iman hijrah dan jihad.

muharram2

Menurut sejarah perkembangan Islam, tahun baru Islam yang dikenal dengan tahun Hijriyah, berawal dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah. Perjalanan (hijrah) yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad saat itu adalah perjuangan yang penuh dengan rintangan dan tantangan yang teramat berat. Namun berkat tekad dan dasar keimanan yang kuat hijrah Nabi Muhammad SAW berhasil.

Sementara itu Ny. Hj. Titik Herawati dari FKMTW (Forum Komunikasi Majlis Taklim Wanita) Wonogiri mengemukakan kegiatan pengajian akbar ini digelar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah. Bertujuan untuk kemajuan dan kemaslahatan umat Wonogiri. Agar masyarakat Wonogiri lebih maju dalam pembangunan moral, akhlak dan fisiknya. Acara itu dihadiri oleh ratusan umat islam. Dimulai dengan dzikir bersama sekira pukul  08.00 WIB, dilanjutkan tabligh akbar. [djarot]

error: Content is protected !!