KLA ( Kota Layak Anak) Harus Ada Sampai Ditingkat Desa atau Kelurahan

0 63

kegiatan worskop pengembangan anak di pendopo
kegiatan worskop pengembangan anak di pendopo

infowonogiri.com  – WONOGIRI – Pemkab Wonogiri tahun ini mulai mengembangkan KLA (Kota Layak Anak) hingga ke tingkat Desa/Kelurahan. Pengembangan KLA ini diawali dengan digelarnya Workshop Pengembangan KLA di Kabupaten Wonogiri, Senin (25/11) bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri yang diikuti oleh Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Koordinator  PLKB se-Kabupaten Wonogiri dan Tim Gugus KLA serta Forum Anak Kabupaten Wonogiri.

Acara dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryadi, SH,MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa proses internalisasi dan sosialisasi nilai dan norma dari orang tua kepada anak sangat penting,”Banyak anak yang tidak berhasil dalam hidupnya karena ditinggal orangtuanya merantau dan dititipkan ke saudara atau neneknya serta selalu dicukupi kebutuhannya tanpa perhatian langsung dari orangtua, hal ini menyebabkan berkurangnya rasa sopan anak terhadap guru dan orangtua. Inilah yang mendasari perlu dikembangkannya KLA di tingkat Desa/Kelurahan,”terangnya.

Dalam upaya mendukung pengembangan KLA tersebut, Pemkab Wonogiri telah  menetapkan regulasinya baik Perda maupun Perbup serta mendukung terbentuknya kelembagaan seperti Tim Gugus Tunas KLA dan Forum Anak Kabupaten Wonogiri.

  “Keberhasilan KLA di desa/kelurahan sangat didukung oleh peran anak yang diwadahi dalam Forum Anak,” lanjutnya.  Dalam laporannya, Kepala Badan Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Perempuan (BKBKSPP) Kabupaten Wonogiri, Reni Ratnasari, SH,MM menyampaikan bahwa acara Workshop ini diikuti kurang lebih 300 orang,”.

Dalam acara ini kami menghadirkan narasumber dari Propinsi Jawa Tengah, PLKB Kabupaten Wonogiri, Konsersium Keluarga Sejahtera Peduli Anak GSM Sukomarsudisiwi Surakarta, Kepala UPT Puskesmas Wonogiri 1 dan Kepala SD N 2 Tekaran Selogiri,” terangnya.  Acara Workshop ini akan digelar dalam 3 tempat secara serentak yaitu bertempat di Pendopo, Ruang Data dan Ruang Pertemuan Gedung B Lingkungan Setda Kabupaten Wonogiri.( N 420 )

error: Content is protected !!