Kenapa Bunga Bangkai Tumbuh Di Awal Musim Hujan dan Baunya Busuk ?

0 69
Bunga Bangkai
Bunga Bangkai

infowonogiri.com-SLOGOHIMO-Bunga bangkai kembali mulai bermunculan seiring musim penghujan tiba. Seperti yang terlihat di pekarangan milik Hadi Wiyono (70) di Dusun Ngerjopuro RT 04 RW 03 Desa/Kecamatan Slogohimo.

Bunga yang merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae). Bungga bangkai ini juga dikenal sebagai kembang suweg. Sedikitnya ada lima batang berbagai ukuran. Terbesar berukuran tinggi 65 cm lebar bunga sekitar 60 cm. Sedangkan yang lainnya berukuran lebih kecil.

Mekarnya bunga suweg ini diiringi munculnya bau tidak sedap, bahkan terasa bau busuk cukup menyengat. Bau menyengat itu juga mengundang datangnya lalat ijo (lalat berwarna hijau dan berukuran besar). Sebenarnya bau bangkai yang menyengat berfungsi untuk mengundang kumbang atau lalat penyerbuk bagi bunganya.

Karena itulah orang menyebut bunga bangkai. Ada yang menyebut batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif) amorphophallus titanum Becc. Merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia. Catatan menyebutkan bahwa kerabatnya amorphophallus gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m.

Banyak orang sering salah mengira dan tidak bisa membedakan bunga bangkai dengan Rafflesia arnoldii. Mungkin karena orang sudah mengenal Rafflesia sebagai bunga terbesar dan kemudian menjadi bias dengan ukuran bunga bangkai yang juga besar.[Nano]

error: Content is protected !!