Kajari Belum Siap Sidangkan Direktur Permata Tujuh

0 191
Kantor Kejari Wonogiri
Kantor Kejari Wonogiri

infowonogiri.com – WONOGIRI – Waktu penahanan terhadap tersangka dugaan kasus korupsi pengadaan perangkat Terknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri sudah habis. Karena itu Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri memerpanjang penahanan terhadap CV Direktur Permata Tujuh Wonogiri, Bayu H sebagai tersangka.

Perpanjangan diperlukan dalam rangka mematangkan penyidikan sampai betul betul matang. Hal itu dikemukakan Kajari Wonogiri H. Muhaji melalui Kasipidus Sucipto, Minggu (10/11) kemarin. “Penahanan Pak Bayu kami perpanjang. Ini perpanjangan pertama setelah masa penahanan pertama selama 21 hari habis,” kata Sucipto.

H. Muhaji - Kajari Wonogiri
H. Muhaji – Kajari Wonogiri

Penahanan terhadap Direktur Permata Tujuh itu selama 30 hari kedepan. Kewenangan Kejaksaan memperpanjang penahanan sampai perkara tersebut dilimpahkan ke pengadilan Tipikor di Semarang. Menurutnya penyidikan sudah selesai dan dinyatakan lengkap (P21). Namun selama penahanan tahap pertama, penyidik Kejari Wonogiri mengakui belum siap.

Selama penahana tahap kedua, jaksa penyidik akan menyiapkan dakwaan. Dakwaan untuk Bayu sudah 90% jadi. Namun msih memerlukan perbaikan agar dakwaan lebih mantap. Seperti pada 11 Oktober lalu, Kejari Wonogiri menahan Bayu H, Direktur CV Permata Tujuh yang beralaat di Wonokarto, Wonogiri Kota, satu-satunya tersangka proyek berrnilai Rp 1,4 miliar itu.

Bayu tersandung kasus TIK ketika memenangkan tender pengadaan perangkat TIK untuk puluhan SMP di Wonogiri. Versi Kejari Wonogiri barang yang dikirimkan tersangka tidak sesuai spesifikasi teknis yang dikehendaki panitia. Kejari telah bekerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit proyek itu.

Penangan perkara tersebut memicu pertanyaan. Selain berjalan lambat, penetapan tersangka korupsi tersebut dianggap di luar kebiasaan. Bayu hanya merupakan “penjual” barang yang tidak bisa mengeluarkan uang dari kas pemerintah tampa bekerja sama dengan pejabat terkait. Namun pejabat yang membayarkan uang tidak (belum) tersangkut perkara ini.[Bagus]

error: Content is protected !!