Jelajah Rute Juang Panglima Besar Soedirman Kwarda Jawa Tengah Diberangkatkan

0 114
Kegiatan jelajah rute Pangsar Jend Soedirman Kwarda Jateng di Wonogiri
Kegiatan jelajah rute Pangsar Jend Soedirman Kwarda Jateng di Wonogiri

infowonogiri.com – PRACIMANTORO – Sebanyak 270 anggota Pramuka dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah mengikuti kegiatan Jelajah Rute Juang Panglima Besar (Pangsar) Jendral Soedirman Kwarda Jawa Tengah Tahun 2013 dengan mengambil star dari halaman Musium Karst Indonesia di Desa Gebangharjo Pracimantoro, Wonogiri Jumat (8/11) pagi.

Kegiatan ini diberi titel Yudha Prawira Kuswa. Dengan arti perjuangan bagi kestria muda pemberani. Kegiatan jelajah rute tersebut mengambil rute perjuangan Pangsar Jend Soedirman di wilayah Wonogiri. Dimulai pemberangkatan dari halaman parkir Musium Kars di Pracimantoro, Eromoko, lalu bermalam di Wuryantoro dan finis di Wonogiri Kota.

Sebelum pemberangkatan digalar upacara pembukaan dipimpin oleh Ketua Kwarda Jawa Tengah Slamet Budi Prayitno. Hadir pula Ketua Majlis Pembimbing Cabang dan Ketua Kwartir Cabang Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto, Ketua DPRD Wonogiri Wawan Setya Nugroho dan Kapolres Wonogiri AKBP Tanti Septiyani.

Slamet Budi Prayitno kepada peserta jelajah rute pangsar Soedirman memberikan suntikan motifasi. Dia mengingatkan bahwa sekira 60 tahun silam, di daerah Gebangharjo pernah terjadi wabah hama tikus dan kelaparan akibat kekeringan. Akibatnya puluhan korban meninggal dunia.

“Bayangkan 10 sampai 30 tahun sebelum itu seperti apa kondisi saat itu. Betapa berat perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Saat ini kondisinya sudah hampir tidak ada kekurangan. Kegiatan ini merupakan wahana pendidikan bela negara untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme Pramuka Penegak dan Pandega,” ujar Budi.

Bentuk kegiatan jelajah rute Pangsar ini adalah penjelajahan dan semi survival. Tujuanya sebagai media berkegiatan bersama dan penghayatan perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Dengan tema Pramuka Berkarakter Berjuang Tampa Henti. Penjelajahan akan berlangsung sampai Minggu (10/11) dengan finis di Wonogiri Kota.

Budi mengingatkan agar masing masing tim menjaga kekompakan, selalu semangat, tidak mengganggu lalulintas lainnya, dan menjaga tata tertib kesopanan. Peserta jelajah rute akan menempuh jalan darat dengan berjalan kaki, mulai dari halaman musium Kars Nasional di Pracimantoro sampai  Wonogiri Kota.

Jumat malam dijadualkan istirahat menginap di SMPN 1 Wuryantoro. Selama kegiatan jelajah rute Pangsar Sudirman terbagi menjadi dua jenis. Yaitu kegiatan umum meliputi upacara seremonial, napak tilas, bakti sosial, dan malam budaya. Kegiatan prestasi meliputi soal tulis, penbampilan tim, dan halang rintang. [Bagus]

error: Content is protected !!