Jamasan Pusaka Di Obyek Wisata Sendang Asri

1 155

atraksi

infowonogiri.com – WONOGIRIKOTA – Minggu 12 Muharam 1435 H, bertempat di Obyek Wisata Sendang Asri WGM Wonogiri digelar event wisata budaya sebagai upaya nguri-uri Kebudayaan Jawa yang adhi luhung, yakni Prosesi Jamasan Pusaka peninggalan KGPAA (Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya) Mangkunegara I, yang dikenal dengan sesebutan Kanjeng Pangeran Samber Nyawa, yang tersimpan di beberapa tempat di Wonogiri.


Sebelum acara Jamasan dilaksanakan, seperti biasa sejumlah pusaka tersebut terlebih dahulu dikirab di lokasi Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur. Sejumlah Pusaka Peninggalan Pangeran Samber Nyawa yang dijamas antara lain 3 Pusaka yang berada di Tugu Ireng Kecamatan Selogiri, yakni Tombak Kyai Totog, Tombak Kyai  Jaladara dan Keris Kyai Korowelang.

Sebuah pusaka yang tersimpan di Rumah Dinas Bupati yakni sebuah Gong dengan sesebutan Kyai Mendung Eka Dayawilaga. Keris Kyai Alap-alap dan Kyai Bancak yang tersimpan di Wonogiri. Juga yang  tersimpan di Kecamatan Girimarto yakni Keris Kyai Semar Tinandu dan Keris Kyai Limpung. Utusan dari Pura Mangkunegaran. KRMT (Kanjeng Raden Mas Tumenggung) Lilik Piyarso Tirtodiningrat, memimpin langsung Upacara Prosesi Jamasan.

Sejumlah pejabat jajaran Muspida Kabupaten Wonogiri nampak hadir, Ketua DPRD Wawan Sotyo Nugroho,S.Sos,Kapolres AKBP Dra. Tanti Septiyanti beserta jajaran pejabat lain. Bupati H Danar Rahmanto dalam sambutannya menyampaikan dukungan dengan event budaya ini, dan berharap kedepannya bisa lebih meriah lagi, sehingga dapat menyedot wisatawan datang ke Wonogiri. Tak lupa juga Bupati mengucapkan terima kasih pada utusan pura Mangkunegaran yang telah mendukung acara budaya ini.[Djarot]

error: Content is protected !!