Inilah Delapan Prinsip Selamat Menghadapi Operasi Zebra

0 44
Operasi Zebra di Jalan Raya Ngadirojo (Jumat 29/11)
Operasi Zebra di Jalan Raya Ngadirojo (Jumat 29/11)

infowonogiri.com – WONOGIRI – Operasi Zebra Candi 2013 sudah mulai digelar sejak Kamis (28/11) pasca upacara  gelar pasukan Operasi Zebra 2013 dengan Irup Kapolres Wonogiri AKBP  Dra Tanti Septiyani SIK. Operasi Zebra rencana akan berlangsung sampai 11 Desember mendatang.

Sasaran Operasi Zebra meliputi  pengemudi di bawah umur, melawan arus lalulintas, balap liar, angkutan umum tidak layak jalan, kendaraan bak terbuka (angkutan barang) tetapi untuk mengangkut orang, menaikkan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya, kendaraan yang menggunakan rotator serta sirine bukan peruntukanya dan juga kelengkapan kendaraan.

Operasi Zebra Jumat (29/11) pagi digelar di Jl Raya Wonogiri-Ngadirojo, tepatnya di Dusun Brubuh. Kapolres Wonogiri AKBP Dra Tanti Septiyani SIK diwakili Kasatlantas AKP Budiyono melalui Kanit IPDA Sentot menjelaskan Operasi Zebara ditargetkan menilang sebanyak 1500 kendaraan.

Target Sasaran Operasi Zebra 2013.

Pelangaran yang ditilang meliputi kelengkapan surat surat kendaraan, kelengkapan kendaraan standar, menyalakan lampu di siang dan malam hari, helm standar, knalpot yang tidak standart untuk sepeda motor.

Sedangkan mobil meliputi kelengkapan surat, sabuk pengaman dan kelengkapan kendaraan. “Dalam sehari mencapai 100 lebih surat tilang yang dikeluarkan,” katanya kepada reporter PORTAL BERITA WONOGIRI.

Operasi dilakukan setiap hari  melibatkan 26 personil anggota Satlantas Polres Wonogiri. Penindakan dalam operasi Zebra Candi 2013 dengan prosentase 80 persen tindakan preventif, 10 persen preventif dan 10 persen penilangan.

“Kalau mau selamat ya patuhi rambu rambu lalulintas. Kalau tidak mau ditilang ya lengkapi kendaraan dan identitas berkendara,” kata Jambul nama palsu. [N420]

error: Content is protected !!