Gunakan Listrik Secara Efisien

0 97
Perbaikan jaringan PLN | Foto : Bagus
Perbaikan jaringan PLN | Foto : Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI Sejumlah 40 orang dari pengusaha industri kecil, pedagang  pasar dan pengelola sarana prasarana rumah sakit di Kabupaten Wonogiri  amengikuti Bimbingan Teknis Pemanfaatan Listrik untuk Industri Kecil dan Fasilitasi Umum yang digelar oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan ESDM Kabupaten  Wonogiri, Selasa (26/11) di Ruang Pertemuan Gedung B Setda Kabupaten Wonogiri.

Acara yang dibuka oleh Kepala ESDM Kabupaten Wonogiri, Ir. Arso Untoro,MM menghadirkan pembicara dari UNDIP Semarang, Ir. Sudargana,MT dan Ir. Eko Septaningsih, M.Si, Kabid Geologi Air Tanah dan Energi  Dinas ESDM Kabupaten Wonogiri.

Dalam sambutannya, Kepala ESDM Kabupaten Wonogiri Arso Untoro menyampaikan bahwa digelarnya bintek ini diharapkan akan memberikan pemahaman baru mengenai pemanfaatan listrik di industri kecil dan pengguna fasilitas umum.”Saat ini kebutuhan energi sangat besar  sedangkan pasokan listrik minim oleh karena itu dengan adanya bintek  ini semoga mampu merubah pola pikir kita dalam memanfaatkan listrik,” terangnya.

Dalam acara tersebut hadir ketua Balai Energi dan Sumber Daya Mineral, Taufan Riza Pahlevi,ST. Dalam sambutannya, Kepala Balai menyampaikan bahwa hemat listrik bukan berarti menyusahkan diri dengan tidak menggunakan fasilitas apapun, namun diharapkan dapat dilakukan secara efisien dan rasional.

“Efisien berarti lebih tepat, seperti halnya  penggunaan AC diharapkan saat menghidupkan di stel dengan suhu antara 24 derajat celcius –  26 derajat celcius sehingga lebih hemat, kalau langsung 18 derajat celcius maka akan memakan energi banyak dan menurunkan kinerja,” jelasnya.  (N 420)

error: Content is protected !!