Duh….Bau Limbah Pabrik Tapioka Bisa Membahayakan Saraf

1 59
dr H Widodo Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri
dr H Widodo Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri

infowonogiri.com – NGADIROJO – Bau tidak sedap yang diduga ditimbulkan dari limbah Pabrik Tapioka PT. Arena Agro Andalan (AAA) di Dusun Dawung Ngadirojo Kidul, bisa menyebabkan menganggu saraf-saraf yang ada pada tubuh manusia.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri dr. H Widodo, Kamis (28/11). dr H Widodo menyebutkan, akibat yng ditimbulkan atau dirasakan oleh masing masing orang bergantung kepada masing masing orang, dan bersifat subyektif. Karena tingkat kekebalan (imun) dan sensifitas masing masing orang berbeda satu sama lain.

“Soal bau itu (limbah) indifidual, semuaanya bau namun reaksinya macam-macam, berbeda satu orang dengan yang lainnya. Kalau berlanjut merusak susunan dan konsentrasi syaraf,” kata H Widodo usai mengikuti dengar pendapat dengan tiga orang.

Penyebab bau busuk dari limbah, menurut Widodo dikarena terjadi proses pembusukan bahan baku yang diolah di PT. AAA. Di pabrik tersebut mengolah bahan baku pokok singkong menjadi etanol dan amoniak.

Bahan bahan yang telah diolah menjadi etanol dan amoniak yang rusak mampu menembus ke paru-paru. Nah hal itulah yang diyakini bisa berdampak buruk pada kesehatan manusia.

Secara kelembagaan DKK dan Puskesmas Kecamatan Ngadirojo telah memonitoring dampak badhek ( Mambu tenan / Bau tak sedap ) tersebut. Antara lain akan mendata berapa orang yang mengalami dampak buruk akibat limbah tersebut. [Bagus]

error: Content is protected !!